Sebenarnya, Adakah Cara Paling Efektif Menjaga Lingkungan Hidup?

Sebenarnya, Adakah Cara Paling Efektif Menjaga Lingkungan Hidup?
ISTOCK

Kata ahli ini: "harus sadar dulu."

Lingkungan, sebuah topik yang hampir tidak pernah habis dibahas. Setiap hari ada saja artikel tentang "10 kebiasaan ramah lingkungan" atau "lakukan hal ini untuk menjaga Bumi." Pastinya, daftar tersebut sangat membantu untuk terus mengingatkan tentang bagian yang harus kita lakukan setiap hari. Namun, sebenarnya dari sekian aksi eco-friendly yang disarankan, adakah cara paling efektif? Untuk itu Woop bertanya kepada ahlinya: Galih Prasongko, Campaign & Mobilization Officer dari WWF Indonesia. 

“Sebenarnya, masalah terbesar dan utama terkait problem lingkungan di Indonesia adalah masalah kurangnya kesadartahuan yang pada akhirnya membentuk sikap dan perilaku dari individu, bisnis, maupun dalam konteks kebijakan itu sendiri.”

Dengan kata lain: yang membuat lingkungan menjadi rusak adalah kita sendiri dan kebiasaan kita. Adakah cara yang bisa membuat orang-orang sadar?

"Tentu!" jawab Galih tegas. "Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat orang sadar akan bahaya merusak lingkungan. Di antaranya dengan memperlihatkan data dan fakta yang terjadi tentang dampak lingkungan yang nyata, memberikan pesan-pesan positif yang bersifat ajakan, serta dengan melibatkan masyarakat secara langsung dalam gerakan untuk menjaga lingkungan melalui bentuk yang paling sederhana, selain kemudian tentunya diperlukan sebuah regulasi yang mengatur perlindungan lingkungan."

Galih lalu melanjutkan, bahwa sebenarnya cara efektif lain adalah, "mengajak orang akfitf dengan cara membuat kampanye yang kreatif, terutama terkait dalam mengubah gaya hidup agar lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Misalnya, dengan membuat tren gaya hidup ramah lingkungan, seperti tidak menggunakan styrofoam atau plastik."

Sebasi-basinya himbauan "kurangi pemakaian plastik," harus diakui bahwa kita sering gagal dalam hal ini. Setiap belanja, paling tidak ada 10 plastik yang digunakan—sebuah produk bahkan terkadang memakai berlapis-lapis plastik. Apalagi saat kita membeli roti, kue, atau bakeri. Oleh karena pelaku industri sepertinya masih belum terlalu peduli dengan hal plastik ini, kita para konsumen inilah yang harus bertindak dan lebih sadar. Bawalah tote bag-mu setiap kali belanja! 

Tidak hanya itu saja, menurut sebuah artikel di thoughtco ada tiga cara efektif yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan:

1. Gunakan Air Seperlunya 

Kelangkaan air terjadi dimana-mana. Jadi, jika kamu adalah bagian demografik yang beruntung karena bisa mendapatkan air bersih dengan gampang, hargai hal tersebut. Gunakan air seperlunya saja, jangan membuang-buang air untuk hal yang tidak diperlukan. Karena air itu mahal! 

2. Konsumsi Makanan Lokal