Thursday, 29 November 2018

Iya atau Tidak: Suami Istri Harus Punya Joint Account

img detail
ISTOCK

Tergantung.

Jadi, wajibkah hukumnya suami istri memiliki satu rekening tabungan yang sama?

"Menurut saya tidak harus," ucap Peter Dunn, a.k.a. Pete the Planner, komedian dan ahli keuangan, di acara radio The Pete the Planner® Show. Terkecuali... "terkecuali jika mereka memiliki sebuah tujuan finansial yang nantinya duit akan disimpan [di rekening bersama] tersebut untuk mencapai [tujuan] itu," tegasnya. 

Menurutnya, tidak ada efek positif yang signifikan dari memiliki satu versus dua rekening yang berbeda. Hal terburuk yang mungkin terjadi ketika memiliki tabungan dua yang terpisah adalah "palingan hanya meningkatkan risiko salah satu pihak menyimpang, saat membuat keputusan-keputusan finansial." 

Intinya, Pete menjelaskan bahwa tidak ada keharusan pasangan menikah untuk memiliki satu tabungan yang sama, entah mereka baru atau sudah puluhan tahun berkomitmen. "Pada kenyataanya, tidak ada satu metode tertentu yang berlaku untuk semua orang. Kamu yang harus mencari dan menemukan apa yang cocok untukmu," tegasnya. Jika kamu merasa memiliki satu tabungan bersama itu penting—lakukan. Sebaliknya, jika memutuskan untuk mempunyai tabungan berbeda dan berbagi tanggung jawab dalam hal keuangan (Pete menceritakan bahwa istrinya bertanggung jawab membayar pengeluaran harian, sementara dirinya berurusan dengan cicilan, investasi dan asuransi) dan metode ini berhasil, tidak perlu mengubahnya. 

"Jadi bagi siapa pun yang sedang berbagi tanggung jawab dengan seseorang, cobalah menemukan strategi yang tepat. Jangan biarkan program atau mekanisme apa pun mendikte bagaimana menangani masalah keuanganmu," tegasnya. Jika kamu merasa strategi akun bersama, atau berbagi tanggung jawab bisa berhasil di pernikahanmu—teruskan. Dan Pete berpendapat bahwa setiap orang dewasa yang bekerja bisa memiliki tabungan personal sendiri, sepanjang mereka tetap memperhatikan dan tidak lupa dengan financial goals yang sudah disepakati. 

Selanjutnya: 10 pertanyaan keuangan yang membuatmu tidak bisa tidur dijawab oleh seorang ahli keuangan. Dan ini tips agar zzz...zzz... kamu lebih berkualitas dan nyenyak. 


MORE ARTICLES


MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR