5 Sneakers Terbaik Sepanjang Masa

5 Sneakers Terbaik Sepanjang Masa
ISTIMEWA

Wajib punya (paling tidak, salah satunya).

Dari banyaknya jenis sepatu yang beredar di dunia ini, pasti ada satu jenis yang menjadi favoritmu. Tidak peduli badai, hujan, banjir, kering, gerimis, setiap hari pasti dipakai!. Kalau Woop sih, sudah pasti: sneakers. Super nyaman dan tidak perlu pusing dipadupadankan dengan apa–semuanya cocok.

Cikal bakal sneakers sudah dimulai sejak tahun 1830an, dan mengalami evolusi dari sportswear sampai menjadi produk dagangan label-label mewah seperti Prada.

Cara membeli sneakers pun ikut-ikutan berubah. Dulu, sebelum internet, proses membeli sneakers terbilang gampang: melirik punya orang, tanya (kalau berani) beli dimana, datangi (bila perlu naik pesawat) toko, beli (kalau beruntung dan sepatu incaran masih tersedia). Sekarang? Keberadaan internet dan online shopping memudahkan sekaligus bikin pusing: terlalu banyak pilihan. Plus, adanya situs-situs yang menawarkan "bisa didesain sesuai keinginan" dan trik marketing yang meluncurkan "produk-produk terbatas" sehingga hanya orang punya duit, atau kesabaran yang rela antri (kemah) berhari-hari di depan toko untuk mendapatkan produk super super langka itu (katanya). Bingung 'kan harus beli yang mana? Jika ini adalah situasimu saat ini, salah satu solusinya adalah membeli lima merek di bawah ini. Dijamin: tidak akan menyesal dan tidak akan ketinggalan jaman (malah bisa jadi investasi kalau mau dijual lagi). Hanya saja, mungkin masih tetap butuh kesabaran dan duit untuk mendapatkannya. 

1. Adidas Stan Smiths

Hadir pertama kali di tahun 1965, lalu dirilis kembali tahun 2014 (diterima dengan tangan terbuka) dan menjadi idola lagi pada tahun 2015. Menariknya, sepatu ini awalnya bukan Stan Smith. Pada tahun 1965, sepatu klasik tenis dari Adidas dikenal dnegan nama Robert Haillet sneaker, petenis asal Prancis. Saat Haillet pensiun, Adidas mencari pengganti dan terpilihlah Stan Smith, seorang petenis Amerika. Per 1971, Adidas Stan Smith menjadi salah satu model sepatu yang paling dicintai. Sebagai bukti, sepatu ini pernah masuk ke dalam Guinness Book of World Records setelah berhasil menjual 22 juta pasang per 1988. 

2. Converse Chuck Taylor – All Star

Ah, siapa yang tidak tahu dan tidak punya sneakers ini? Converse klasik berwarna hitam putih ini memang tidak ada matinya (bahkan masih hits sampai sekarang). Sebenarnya diproduksi pada tahun 1917, tapi Converse Chuck Taylor All Star berhasil menggebrak pasaran pada tahun 1936, setelah dipopulerkan oleh tim basket Amerika saat itu.

3. Nike Air Jordan

Sepatu ini merupakan sepatu legendaris dalam dunia sneakers. Sepatu ini tidak akan pernah lepas dari pebasket legendaris, Michael Jordan; diirilis setelah Jordan menandatangani kontrak kerjasama dengan Nike di tahun 1985. Model awalnya, dengan warna merah dan hitam sempat menimbulkan kontroversi dan dilarang oleh NBA pada masa itu. 

3. New Balance 574