Selain Memastikan Gigi Bersih dari Lipstik, Hindari Juga Memakai Ini Saat Wawancara Kerja

Selain Memastikan Gigi Bersih dari Lipstik, Hindari Juga Memakai Ini Saat Wawancara Kerja
ISTOCK

Kesan pertama itu penting.

Gigi bersih dari cabe dan lipstik? Cek. Namun, sebelum melakukan hal itu, satu hal yang perlu kamu persiapkan beberapa hari sebelum wawancara kerja: baju yang akan dipakai. Perhatikan warnanya. Menurut sebuah survei warna biru dan hitam adalah pilihan terbaik untuk dikenakan saat berhadapan dengan bakal calon bosmu. Bukan penggemar berat biru dan hitam? Tidak perlu panik, ada beberapa warna lain yang disarankan—dan tidak direkomendasikan—untuk dipakai saat wawancara kerja. 

PAKAI: 

  • HITAM = PEMIMPIN

Warna hitam memang terlihat misterius dan sulit didekati, serta serius. Akan tetapi warna hitam juga bisa diartikan glamor dan eksklusif, serta canggih! Untuk yang menggunakan warna hitam, kamu bisa diartikan sebagai (calon) pemimpin dalam sebuah perusahaan.

  • BIRU = IDEAL

Biru adalah salah satu warna terbaik untuk dikenakan pada wawancara kerja karena memancarkan kepercayaan dan keyakinan. Dan ada penelitian yang mendukungnya. Dan kesempatanmu mendapatkan pekerjaan akan lebih besar ketika dibalut dominasi biru. 

  • ABU-ABU = LOGIS/ ANALITIS 

Warna netral satu ini mencerminkan independensi, mandiri dan mampu berpikir sendiri. Pilihan tepat terutama kamu ingin memberikan kesan percaya diri. 

  • PUTIH = TERORGANISIR 

“Teman hidup” hitam ini adalah warna paling aman dan sering digunakan. Namun, ada juga anggapan bahwa warna ini membosankan dan mengindikasikan pemakainya kurang percaya diri. Tidak perlu khawatir—meskipun begitu si putih bisa menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang terorganisir.

HINDARI: 

  • HIJAU, KUNING, UNGU = KREATIF 

Meski dianggap kreatif, menyenangkan, serta menarik perhatian, warna-warna cerah seperti kuning, hijau dan ungu diasosiasikan dengan "tidak bisa berkomitmen dan dipercaya". Jadi, ini bukanlah warna terbaik untuk wawancara kerja; simpan untuk nongkrong. 

  • ORANYE = KURANG PERCAYA DIRI 

Jauhkan! Warna oranye mencerminkan bahwa kamu adalah orang yang kurang percaya diri dan dianggap tidak profesional dalam dunia kerja. Jadi, jangan coba-coba menggunakannya saat wawancara kerja!

  • MERAH = TIDAK POSITIF

Walaupun memang merah memberikan kesan pemberani, tapi tidak untuk wawancara kerja. Pasalnya, warna merah bisa menimbulkan perasaan yang tidak positif.

  • COKELAT = MONOTON