9 Cara Mudah agar Lebih Kreatif

9 Cara Mudah agar Lebih Kreatif
ISTOCK

Salah satunya: mari begadang.

Argh... tidak peduli seberapa lama pun kamu mendekam di... toilet, sepertinya momen aha-diiringi-dengan-gambar-bola-lampu di atas kepala, tidak kunjung datang. Padahal, pekerjaan dan bos menanti-nanti (smbil mengetukkan jari tangan di meja dan menggerakkan telapak kaki)—tapi apa daya, mandek. Oleh karena itu, Woop akan membantumu mencari cara agar bisa kreatif (terutama saat ada tuntutan).

1. DENGARKAN MUSIK 

Yep, tiga kata untuk musik: tidak pernah salah! Mendengarkan/memainkan musik bagian bsia merangsang bagian otak kita untuk mengontrol tindakan motorik, emosi, dan kreativitas. Misalnya, musik klasik yang bisa memberikan kita dorongan ekstra. Sebutannya, “The Mozart Effect”, yakni mendengarkan Mozart dapat meningkatkan kreativitas, konsentrasi, dan fungsi kognitif lainnya.

2. LETAKKAN MAINAN ATAU BENDA FAVORIT DI KANTOR

Ini menjadi salah satu cara untuk memancing ide-ide yang sedang bersembunyi di sela-sela otakmu untuk keluar dari tempat persembunyiannya. Katanya, benda-benda favorit bisa menghindari kita dari rasa bosan dan stres.

3. TERTAWA

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang! Menurut beberapa penelitian, suasana hati yang positif dapat memfasilitasi kreativitas. Pasalnya, suasana hati baik menyulut aktivitas di korteks prefrontal dan korteks cingulate anterior (area otak yang berhubungan dengan kognisi kompleks, pengambilan keputusan dan emosi). Bahkan, jika kamu sedang tidak merasa ceria, carilah hal-hal konyol yang bisa membuat kamu tertawa dan menjadikan suasana hati positif dan kreatif. Hahaha.

4. DUDUK DI COFFEE SHOP

Oh, mungkin ini sebabnya coffee shop makin menjamur di setiap tikungan. Dari sebuah penelitian disimpulkan bahwa karena kebisingan mengganggu otak, akibatnya kita berpikir sedikit lebih keras untuk lebih imajinatif. Oleh sebab itu, beberapa orang mungkin membutuhkan suara yang lebih tenang untuk menghasilkan karya terbaik. Misalnya saja, duduk di coffee shop.

5. BERTEMU DAN MENGOBROL DENGAN ORANG BERMULUT PEDAS