10 Lokasi Terbaik di Dunia untuk Menikmati Matahari Terbenam

10 Lokasi Terbaik di Dunia untuk Menikmati Matahari Terbenam
ISTOCK

Selain Wakanda, tentunya.

Tunjuk tangan siapa yang sudah menonton Black Panther... lebih dari satu kali? Logikanya, kamu sudah hapal nama-nama tokoh, warna-warna baju, sampai setiap baris dialognya. Film ini memang wajib tonton, bila perlu berkali-kali.

Dari sekian banyak adegan yang membuat lidah berdecak kagum dan rahang melantai adalah adegan saat Erik Killmonger (Michael B. Jordan) melihat matahari terbenam di Wakanda dan akhirnya membuktikan kebenaran ucapan mending ayahnya, "tempat paling bagus melihat matahari terbenam adalah Wakanda." Namun, dikarenakan sampai saat ini manusia mortal masih belum bisa menemukan posisi persis Wakanda di peta dunia, sepertinya kita harus puas dengan tempat "terbagus kedua". 

1. Bagan, Myanmar 

Salah satu lokasi yang direkomendasi olehTravel and Leisure. Situs ini mengatakan bahwa jika kamu mencari suasana dramatis—dan bisa difoto, datangi Bagan, di Myanmar. Saat matahari mulai terbenam kamu akan menyaksikan siluet lebih dari 2000 kuil kuno, pagoda, dan biara di Valley of Templey yang sudah eksis selama seribu tahun. 

2. Taj Mahal, India

Bagi yang sudah pernah menjejakkan kaki di Taj Mahal dan menunggu sampai matahari terbenam, pasti akan mengangguk-angguk setuju. Rough Guides menggambarkan pemandangan yang kita saksikan saat melihat matahari pelan-pelan melingkupi kuba putih, dinding-dinding, taman dengan sinar merah jambu lembut dan sedikit oranye: pengalaman magis. 

3. Atacama Desert, Chile 

Padang gurun ini berada di hampir setiap daftar "tempat terbaik melihat matahari terbenam." Memang jauh dari Indonesia, tapi jika kamu ingin menyaksikan gurun pasir non-polar terkering di dunia ini bertransformasi menjadi biru dan ungu, serta vulkanik Licancabur tiba-tiba berubah pink—bersama-sama dengan puluhan flamingo, monggo melipir ke Amerika Selatan. 

4. Isle of Skye, Skotlandia 

Konon merupakan tempat paling dramatis untuk menikmati matahari yang pelan-pelan menghilang di Inggris—karena pemandangannya dilengkapi dengan udara super dingin. Tempat ini juga merupakan lokasi favorit para fotografer yang datang dengan perlengkapan lensa untuk menangkap misteri Trotternish Ridge.