Mau Naik Gunung? Nih Baca Do's dan Dont's untuk Kamu Pendaki Pemula

Mau Naik Gunung? Nih Baca Tips untuk Kamu Pendaki Pemula
Do's dan Dont's untuk Pendaki Gunung Pemula

Kamu bingung apa yang perlu dilakukan dan dilarang ketika mendaki gunung? Nih, baca Do's dan Dont's nya untuk pemula!

Berada di atas puncak gunung di kala matahari terbit merupakan hal yang indah untuk disaksikan ketika mendaki gunung. Meskipun mendaki gunung merupakan hal yang menantang, namun tak sedikit dari para pemula untuk memulai mendaki gunung demi menyaksikan keindahan alam yang tak tergantikan.

Sebagai calon pendaki gunung, hendaknya kamu mempelajari hal-hal yang perlu dan dilarang untuk dilakukan ketika mendaki gunung. Jika kamu hendak mendaki gunung untuk pertama kalinya, setidaknya kamu harus mengetahui hal-hal tersebut demi kenyamanan sendiri dan orang lain selama pendakian berlangsung.

Oleh karena itu, Woop telah merangkum hal-hal yang perlu dan dilarang untuk kamu lakukan selama pendakian gunung berlangsung. Selamat membaca!

DO's untuk Pendaki Gunung Pemula

Pastikan Kamu Rutin Berolahraga

DO's untuk Pendaki Gunung Pemula - Pastikan Kamu Rutin Berolahraga
DO's untuk Pendaki Gunung Pemula - Pastikan Kamu Rutin Berolahraga

Sebagai pendaki gunung pemula, kamu perlu ketahui bahwa mendaki gunung bukanlah hal yang mudah seperti melakukan jogging di pagi ataupun malam hari. Mendaki gunung merupakan salah satu olahraga yang memiliki penuh tantangan. Setidaknya kamu melakukan sebuah olahraga teratur satu minggu sebelum pendakian gunung dimulai.

Pahami Area Pendakian

DO's untuk Pendaki Gunung Pemula - Pahami Area Pendakian
DO's untuk Pendaki Gunung Pemula - Pahami Area Pendakian

Sebelum melakukan pendakian, pendaki gunung setidaknya melakukan penelitian mengenai jalur pendakian yang dituju. Sehingga calon pendaki dapat mengetahui kondisi alam sekitar tempat yang akan menjadi tujuan pendakian.

Bawa Barang Prioritas

DO's untuk Pendaki Gunung Pemula - Bawa Barang Prioritas
DO's untuk Pendaki Gunung Pemula - Bawa Barang Prioritas

Dalam pendakian gunung, kamu tidak akan bisa membawa seluruh bawaan layaknya pergi liburan ke pantai. Kamu hendaknya membawa tas yang sesuai dengan kemampuanmu. Bawa lah pakaian yang secukupnya yang pastinya berupa baju hangat yang dapat menghangatkan tubuh. Tak hanya itu, makanan, minuman, dan juga obat-obat an merupakan bawaan yang prioritas dalam mendaki gunung. Tak lupa juga GPS dan map yang dapat kamu gunakan untuk mencari arah jika tersesat.

Baca juga : Simpel! Ini 7 Tips Packing Sebelum Traveling untuk Perempuan

Dont's untuk Pendaki Gunung Pemula

Jangan Pilih Pendakian yang Ekstrem

Dont's untuk Pendaki Gunung Pemula - Jangan Pilih Pendakian yang Ekstrem
Dont's untuk Pendaki Gunung Pemula - Jangan Pilih Pendakian yang Ekstrem

Jika kamu merupakan pendaki pemula, hendaknya kamu memilih pendakian yang rendah. Hal tersebut dapat meringankanmu selama pendakian dengan mendaki ke gunung yang tidak terlalu tinggi untuk dijangkau. Sehingga, kamu akan terbiasa dalam mendaki gunung selanjutnya ke pendakian yang lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Jangan Gunakan Sepatu Hiking Baru

Dont's untuk Pendaki Gunung Pemula - Jangan Gunakan Sepatu Hiking Baru
Dont's untuk Pendaki Gunung Pemula - Jangan Gunakan Sepatu Hiking Baru

Dalam mendaki gunung, kamu dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang nyaman. Begitu pun dengan sepatu saat melakukan pendakian. Diusahakan untuk menggunakan sepatu yang sudah lama, alias bukan sepatu yang baru kamu beli. Kenapa? Karena sepatu yang baru cenderung lebih kaku dibandingkan sepatu yang telah lama kamu gunakan, sehingga kaki kamu tidak akan terasa kaku dan cenderung lebih relax selama pendakian berlangsung.

Jangan Rusak Alam

Dont's untuk Pendaki Gunung Pemula - Jangan Rusak Alam
Dont's untuk Pendaki Gunung Pemula - Jangan Rusak Alam

Berada di alam liar hendaknya kita harus saling merawat. Usahakan untuk membawa kantong sampah untuk menyimpannya terlebih dahulu hingga kamu menemukan tempat pembuangan sampah yang tepat. Hindari pencabutan tanaman langka secara liar, sebab hal tersebut akan menjadi contoh bagi pendaki gunung lainnya yang dapat menyebabkan pada kerusakan alam dan kelangkaan tanaman liar.

Itu dia beberapa Do's dan Dont's yang perlu kamu pahami sebelum melakukan pendakian gunung. Apakah kamu sudah siap untuk mendaki gunung Woop Ladies?

Selanjutnya:Ingin berlibur tapi ragu karena lagi musim hujan? Berikut Woop berikan beberapa tips travelling saat musim hujan!