Liburan Saat Long Weekend? Budget Penting Ini Perlu Disiapkan

Liburan Saat Long Weekend?Budget Penting Ini Perlu Disiapkan
iStock
Liburan Saat Long Weekend?Budget Penting Ini Perlu Disiapkan

Sudah rencanakan liburan tapi ada budget penting yang terlewat? Duh, jangan sampai abaikan budget penting ini ya 

Apa sih budget penting yang dimaksud? Perencana keuangan populer Prita Ghozie mengingatkan agar kamu jangan lupa menyiapkan dana darurat buat liburan. 

Mungkin kamu sudah ada dana darurat untuk masa depan namun saat liburan ternyata butuh juga lho. Apa ya fungsinya dana darurat buat berlibur?

img

Dok. Instagram @pritaghozie

Sambil menceritakan pengalamannya selama liburan, Prita Ghozie menganjurkan agar kamu selalu menyiapkan sebelum pergi liburan terutama ketika melakukan perjalanan jauh seperti keluar negeri. Salah satu manfaatnya bisa digunakan jika mendadak sakit atau kelebihan bagasi.

“Buat kamu yg sudah or rencana liburan di akhir pekan ini jangan pernah melupakan dana darurat ya. Ini penting banget untuk mengantisipasi beberapa kebutuhan mendadak,” tulis Prita Ghozie melalui Instagram pribadinya.

Prita Ghozie turut mengatakan kalau dana darurat bisa digunakan untuk kebutuhan mendadak lainnya seperti harus membeli tiket pulang karena ada momen perjalanan yang kurang menyenangkan. Jika tidak punya dana darurat maka budget liburanmu bisa menjadi kacau.

“Lupa beli travel insurance. Momen pesawat dibatalin atau ganti jadwal bisa merusak agenda liburan kan. Nah jika terpaksa beli tiket baru, dana darurat bisa ngebantu,” tambahnya.

Selain itu, Prita Ghozie juga mencontohkan hal lain kenapa dana darurat penting ketika liburan. Ketika kamu kelelahan maka perlu menyewa transport yang mungkin lebih mahal saat dirimu atau keluarga yang ikut liburan sehat. Prita Ghozie pernah mengalaminya ketika liburan ke Jepang.

“Kecapean! Jadi terpaksa sewa transpor yang lebih mahal. Nah, ini kejadian pas aku di Osaka. Karena ada keluarga yg sakit, kami batal pakai subway dan terpaksa naik taxi yg harganya beda 5x lipat!” tandasnya.

img

Nah, kalau ingin menyiapkan dana darurat sebaiknya dalam bentuk apa ya? Lalu berapa persen besaran dana darurat buat liburan? Haruskah sama seperti dana darurat yang kita siapkan sebelum resign

Tentu berbeda, seperti kata Prita Ghozie.

“Dana darurat ini bagusnya disiapkan dalam bentuk tunai dan disimpan di rekening tabungan yang ada kartu ATM-nya. Jumlahnya sekitar 10%-20% dari budget libur kamu. Kalau tidak terpakai, jangan buat shopping ya. Mendingan disimpan lagi buat dana darurat liburan berikutnya,” saran Prita Ghozie melalui Instagram.

Apa kamu sendiri sudah menyiapkan dana darurat?

Selanjutnya: ketahui lima cara bisa kaya agar tidak bergantung kepada orang lain.