Riset: Duh, 80% Otak Manusia Isinya Negatif

Riset: Duh, 80% Otak Manusia Isinya Negatif
istock

Ternyata 80% dari pikiran kita adalah negatif lho. Begini cara melatih otak agar selalu bisa berpikir positif.

Seberapa sering kamu berpikir positif? Woop tebak pasti dari kalian lebih banyak yang sering berpikiran negatif terhadap sesuatu atau seseorang. Manusia rata-rata memiliki 12 ribu hingga 60 ribu pikiran perhari lho. Yang mengejutkan 80% dari pikiran kita adalah negatif. 

Menurut Loretta Breuning, Ph.D., seorang profesor manajemen di California State Univerisity, dan penulis dari The Science of Positivy and Habits of Happy Brain, menyebutkan, “Otak kita tidak dirancang untuk menciptakan kebahagiaan. Otak kita berkembang untuk meningkatkan kelangsungan hidup.”

Ketika otak menjadi negatif maka dapat menggerogoti produktivitas, kreativitas, keterampilan, dan bisa memengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan. Pikiran negatif cenderung memiliki dampak yang lebih besar dari positif. 

But no need to worryWoop sudah merangkum beberapa trik untuk melatih otakmu menjadi lebih positif. Apa saja?

1. Amati pikiranmu

img

Saat kamu memiliki pikiran negatif yang bersarang di benakmu, cari tahu dari mana pikiran itu berasal. Apakah kamu khawatir terhadap pekerjaan, pasangan, atau keluarga? Setelah mengetahui apa yang mengganggu pikiranmu, kamu dapat mulai mengerjakan solusi untuk menyelesaikan masalahnya. 

2. Kelilingi dirimu dengan orang-orang positif

img

Positif itu menular. Jadi mulai sekarang sebaiknya kamu dikelilingi dengan orang-orang positif yang bisa menginspirasi dan memotivasimu untuk menjadi lebih baik.

3. Jaga tubuh dan pikiran

img

Penelitian telah menemukan berulang kali bahwa melakukan perawatan diri secara fisik dan mental dapat memengaruhi kebahagiaan kita sekaligus melatih otak untuk menjadi lebih positif.

4. Luangkan waktu untuk hobi

img

Salah satu cara terbaik untuk menjadi lebih positif adalah meluangkan waktu buat sesuatu yang benar-benar kamu sukai. Coba untuk menyisihkan waktu satu jam sehari untuk melakukan hobimu seperti olahraga, shopping, ke salon, atau kegiatan lainnya. Itu akan memberimu energi postif.

Selanjutnya: Lebaran sebentar lagi nih.. Sudah belanja baju atau masih bingung memilih? Simak yuk tips memilih baju Lebaran dari designer ternama Barli Asmara di sini.

TAG
Life