Jangan Gragas, Cara Kontrol Makan Saat Imlek 2019

Jangan Gragas, Cara Kontrol Makan Saat Imlek 2019
iStock
Jangan Gragas, Cara Kontrol Makan Saat Imlek 2019

Imlek 2019 jatuh pada 5 Februari. Dari kue pineapple sampai cookies atau yee sang hingga shrimp rolls, menjadi camilan favorit saat Tahun Baru China. Yuk tetap sehat selama Imlek dengan kontrol makanan kamu.

Demi bisa tidak gragas dan membuat berat badan bertambah karena kebanyakan ‘gula’ selama Imlek, coba deh ikuti tips di bawah

GUNAKAN PIRING KECIL

Sebaiknya tidak menggunakan piring berukuran besar ketika menyantap sajian Imlek. Mungkin kamu sering disarankan makan porsi kecil, ini terkadang tak efektif dan tetap berlebihan. Tahukah kamu menggunakan piring besar bisa menipu otakmu untuk berpikir kalau ukuran porsi lebih sedikit padahal tidak? Para ilmuwan menyebutnya Delboeuf Illusion. Dengan makan pakai piring kecil kamu bisa menipu otakmu agar merasa puas dengan porsi yang ada.

SEDIAKAN CAMILAN SEHAT

Agar tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan kaya minyak dan gula, sediakan camilan sehat dalam tas atau lemarimu. Kacang almond dan buah bisa menjadi pilihan. Selain rasanya lezat, camilan ini dapat membuat nafsumu terkendali.

MINUMAN SEHAT

Minuman manis dan berkarbonasi hanya akan menambah kalorimu tanpa memenuhi nutris lainnya. Mungkin satu gelas minuman saja bisa mengandung empat sampai lima sendok teh gula (80 hingga 100 kalori). Pilihan terbaik, minum air putih saja yang bebas kalori dan bisa menghidrasi dengan baik. Atau kamu bisa pilih teh hijau sebagai alternatif.

JALAN KAKI

Saat pergi mengunjungi keluarga untuk merayakan Imlek 2019 esok hari, coba jalan kaki ketika sudah dekat lokasi tujuan. Jalan kaki bisa menambah energi sekaligus menciptakan pikiran positif kalau kamu sudah berniat untuk mengontrol diri agar tetap sehat hari ini. Jalan kaki sepuluh ribu langkah setiap hari pun disarankan demi kesehatanmu.

Selanjutnya: Baca pula artikel mengenai tentang kanker serviks yang wajib diketahui perempuan.