Mana yang Lebih Ampuh Melembapkan Kulit: Body Oil atau Body Lotion?

Mana yang Lebih Ampuh Melembapkan Kulit: Body Oil atau Body Lotion?
ISTOCK

Sebenarnya adakah bedanya?

Pertanyaan untuk kuis hari ini: body oil versus body lotion—mana yang lebih baik?

Eits... tunggu dulu, tahan dulu jawabanmu. Coba dengarkan penjelasan dr. Listya Paramita, Sp.KK., seorang dermatolog dari Elshéskin Clinic, Yogyakarta kepada Woop baru-baru ini.

Body oil dan body lotion sejatinya mempunyai fungsi yang sama, yakni sebagai pelembap untuk kulit," ujarnya.

Lho? “Yang membedakan adalah tingkat kepadatan atau konsistensinya, perbedaan pada tekstur dan wujudnya, daya serap dan kemampuan dalam melembapkan kulit,” lanjut Listya. 

Kenapa kita membutuhkan pelembap kulit?

“Terkadang akibat berbagai faktor eksogen seperti perubahan cuaca dan polusi yang semakin tinggi, pelembap alami dari kulit kita sendiri tidak cukup, sehingga perlu diberikan tambahan pelembap dari luar. Pelembap ini mempunyai manfaat yang sangat baik, membuat kulit menjadi lembut dan cerah. Penggunaan pelembap secara rutin juga akan menjaga kondisi kulit untuk tetap muda dan mengurangi kemunculan premature aging atau penuaan dini,” terangnya.

Sebagian besar orang memilih memakai produk pelembap. Bahkan ada yang sudah melakukannya dari usia remaja. Namun, sebenarnya adakah ciri-ciri kulit yang memang benar-benar membutuhkannya?

“Kulit yang paling membutuhkan pelembap biasanya adalah jenis kulit yang kering. Ditandai dengan kondisi kulit yang mengkilap, flaky, cracking, dan bersisik tipis, ujarnya, "tapi ada baiknya meskipun kulit kita sedang tidak bermasalah, hendaknya tetap memakai pelembap untuk menjaga kondisi kulit selalu dalam keadaan baik dan terawat."

Dan berkenaan dengan body oil dan body lotion, Listya menjelas lebih lanjut bahwa keduanya memiliki komponen dan bahan-bahan yang sama yaitu minyak-minyak alami seperti minyak jojoba, minyak kelapa, minyak alpukat, minyak almond, minyak argan, minyak lavender, minyak zaitun, lidah buaya, roseship oilshea butter, atau cocoa butter. “Bahan-bahan tersebut memiliki sifat melembapkan bagi kulit, sehingga menjaga kondisi kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan baik,” ujar Mita.

Adakah kelebihan dan kekurangan dari body oil dan body lotion?