Mengapa Cuci Muka Setiap Pagi Sangat disarankan?

Mengapa Cuci Muka Setiap Pagi Sangat disarankan?
SHUTTERSTOCK
Mengapa Cuci Muka Setiap Pagi Sangat disarankan?

Apakah kamu tipe orang yang sehabis bangun tidur langsung cuci muka? Atau malah tidak pernah cuci muka setiap pagi? Apa pun pilihanmu, Woop hanya ingin bilang tetap rawat kulit wajahmu! Tapi apakah memang sepenting itukah cuci muka di pagi hari?

Selain mengecek ponsel, hal penting apa yang biasa kamu lakukan setiap pagi? Minum air putih? Mandi? Atau Sarapan? Yep, semua itu menjadi kebiasaan yang pasti kita lakukan setiap pagi. Tapi pernahkah kamu menjadikan cuci muka sebagai rutinitas penting di pagi hari? 

Jika kamu menjawab: “Iya, cuci muka kan dilakukan bebarengan dengan mandi” atau “Ah, setiap malam juga cuci muka, jadi masih bersih dong!” Ternyata jawabanmu tidak 100 persen benar. Mencuci muka itu sangat penting dilakukan, kapanpun waktunya. Termasuk saat hari libur. Terkadang, sebagian besar orang malas untuk mandi bahkan hanya untuk sekedar cuci muka saja. Banyak dari mereka yang melupakan bahwa kulit muka--meski tanpa makeup--juga harus tetap di rawat dengan baik. Begitu juga yang dikatakan oleh seorang ahli kosmetikologis, dermatologis, dan nutritionis, Juliana Yu, MD. H, NH., kepada Woop.

“Pandangan yang salah jika tidak melakukan pembersihan wajah setiap harinya. Lakukanlah setiap pagi dan malam, paling sedikit. Karena saat malam, kita tidur lima sampai tujuh jam, disana tubuh melakukan detoksifikasi sesuai dengan fungsi masing-masing," ujarnya.

img

Tapi setiap malam--sebelum tidur-- mencuci muka selalu dilakukan. Apakah itu kurang? Dan sebenarnya, apa yang terjadi pada kulit jika kita tidak mencuci muka di pagi harinya?

“Kurang!" jawab Juliana, tegas. “Yang sekarang saya tanyakan; kamu pernah tidak batuk-batuk secara tiba-tiba saat tidur? Pasti pernah, kan? Akibat batuk tersebut, wajah kita akan timbul kelenjar minyak bahkan buat yang berkulit kering juga,” lanjutnya.

Wah, ternyata, hal-hal kecil yang sering tidak kita sadari saat tidur itu membuat kulit mengalami banyak hal. Oleh karena itu, mencuci muka menjadi hal wajib yang harus dilakukan.

Menurut Dr. Melanie Palm, MD, MBA., seorang dermatologis menyebutkan ada tiga alasan mengapa kita harus mencuci muka setiap pagi:

  • Membersihkan “sampah” yang menumpuk di Wajah

Percaya atau tidak, kulit bisa mengumpulkan kotoran-kotoran dan menyerapnya pada saat kamu tidur. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mencuci muka setiap pagi. Menurut Dr. Melanie, “sel-sel kulit mati dan kotoran bisa terkumpul di sarung bantal dan bisa dengan mudah menempel di wajah. Sirkulasi udara (baik itu dari kipas, AC dan lainnya, juga bisa ‘menendang’ debu, jamur yang bisa menempel di kulit wajah semalaman.”

img

  • Menghilangkan minyak dan iritasi kulit

Yep, seperti yang sudah dikatakan Juliana di atas, minyak juga bisa menumpuk di kulit semalaman. Maka untuk membersihkannya hanya dengan mencuci muka setiap pagi.

  • Membuat wajah bersinar

Tentunya, untuk mendapatkan wajah yang bersinar dan sehat, menjadikan cuci muka di pagi hari menjadi sebuah rutinitas, karena bisa meningkatkan kadar hidarasi kulit. Untuk meyakinkan sekali lagi, apakah sepenting itukah cuci muka dipagi hari?

“Sangat penting! Khususnya, buat kamu-kamu yang masih muda, kecenderungan kelenjar minyak untuk tumbuh sangat besar sekali. Jadi sangat dianjurkan untuk melakukan pembersihan wajah setiap pagi. Jika tidak, wajah akan mudah sekali terjadi penumpukan kelenjar minyak yang akan cepat menimbulkan jerawat,” tutup Juli.

Selanjutnya: Sedang deg-degan karena akan berkencan dengannya. Apalagi ini kencan pertamamu. Yep, Woop cuma ingin menyarankanmu untuk tidak dandan berlebihan. Untuk itu, cobalah untuk menghindari hal-hal berikut ini.