Bagaimana Cara Melanjutkan Hidup Setelah Pemilihan

Bagaimana Cara Melanjutkan Hidup Setelah Pemilihan
ISTOCK

Entah menang atau kalah. 

Apa yang kamu rasakan saat ini? Mulai dari lega karena bosan dan eneg dengan perdebatan politik selama berbulan-bulan sampai semangat dan optimis (kemarin pagi) sampai khawatir dan deg-degan (kemarin siang-sore), lalu takut luar biasa (tengah malam), marah dan sedih atau gembira (pagi ini) sampai mati rasa (sekarang). Apapun perasaan kamu itu, rasanya ingin mengeluarkan semuanya, kan? That's okay. Namun, setelah itu (entah jagoanmu menang atau kalah), saatnya untuk melanjutkan hidup meski sepertinya memang sulit! 

BERIKAN WAKTU

Pada diri sendiri untuk bersedih dan merasakan apapun. Joan Cook, seorang psikologis dan associate professor di Yale University mengatakan pada time.com,  "Jangan mengesampingkan perasaan apapun. Sangat OK untuk menangis sendirian atau bersama-sama, berteriak, bersembunyi, dan takut, untuk beberapa hari. Sangat membantu untuk mengeluarkan semua perasaan ini, merefleksikan diri, dan kemudian melanjutkan hidup." 

CARI TEMAN YANG PIKIRANNYA SEJALAN

Untuk melampiaskan dan mendengarkan kegembiraan (jika kandidat kalian berdua menang) atau kesedihan (jika kalah). 

JAUHKAN DIRI DARI MEDIA SOSIAL ATAU TELEVISI

Jika pilihanmu kalah, untuk sementara waktu, pisahkan diri dari Instagram, Twitter, situs, televisi, atau apapun yang bisa membuatmu menjadi lebih gundah gulana. Berikan waktu pada diri sendiri untuk mempersiapkan diri dengan berita dan feed seputar pemilihan. 

CARI SISI POSITIF 

Entah kandidatmu menang atau kalah, coba cari sisi positif dari proses pemilihan tersebut. Misalnya, bahwa Jakarta bisa menyelenggarakan pemilihan kepala daerah yah, bisa dibilang aman dan kondusif terlepas dari hingar-bingar dan isu-isu negatif selama ini. 

APA DAMPAKNYA BAGI KESEHARIAN