Wednesday, 06 March 2019

5 Kebiasaan Pagi Hari yang Dilakukan Orang Sukses, Hanya 10 Menit

img detail
iStock

Kamu perlu mencontoh kebiasaan pagi hari yang dilakukan orang sukses biar lebih semangat.

Apa kebiasaan pagi hari yang sering kamu lakukan? Hanya berselancar di media sosial sebelum akhirnya mandi dan berangkat ke kantor? Duh, kurangi-kurangi deh kebiasaan pagi hari tersebut kalau mau sukses. Coba cari kegiatan yang lebih bermanfaat buat dirimu sendiri. 

Kamu bisa tiru lima kebiasaan pagi hari yang biasa dilakukan para miliuner di dunia. 

OLAHRAGA

Percayalah, olahraga tak hanya bagus buat kesehatan tubuh tapi juga menyegarkan pikiran. Olahraga mampu meningkatkan mood, otak, serta jiwamu. Kebiasaan pagi hari Oprah Winfrey selalu mengatur jadwal olahraga rutin selama satu jam. Oprah Winfrey rajin melakukan peregangan atau lari. Arianna Huffington pun suka meditasi dan yoga di pagi hari.

Tak hanya itu, istri Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita sekaligus pengusaha sukses Loemongga Haoemasan juga memiliki kebiasaan pagi hari dengan berolahraga. Menurutnya, olahraga tak hanya mampu menjaga tubuh tetap bugar tapi melatih hidup biar lebih fokus. 

Berdasarkan studi di 2018, kebiasaan pagi hari dengan olahraga rutin minimal 10 menit mampu meningkatkan memori otakmu secara signifikan. 

MEMOTIVASI DIRI SENDIRI

Luangkan waktu di pagi hari untuk memotivasi diri sendiri. Seperti kebiasaan pagi hari Steve Jobs yang memulainya dengan bertanya pada diri sendiri, ‘Jika hari ini adalah hari terakhir dalam hidupku apakah aku sudah bahagia dengan apa yang ku lakukan?’.

Miliuner Tony Robbins turut melakukan meditasi selama 10 menit yang menjadi kebiasaanya di pagi hari. Ia berusaha untuk menyeimbangkan antara pikiran dan emosi sehingga menjalani hari lebih positif. “Bermeditasi, membaca, bersantai membantu menyegarkan diri sendiri sehingga lebih produktif,” katanya. 

MENGHABISKAN WAKTU DENGAN ORANG TERCINTA

Para perempuan paling senang akan poin yang satu ini. Yap, membuat kebiasaan pagi hari dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta akan terasa menyenangkan. Mulailah hari dengan orang-orang yang menjadi prioritasmu dalam hidup. 

Miliuner Richard Branson membuat jadwal kumpul bersama keluarga inti setiap pagi hari. Hubungan dalam keluarga mampu memengaruhi semua aspek dalam kehidupan termasuk kesuksesanmu. Sebuah studi yang dipimpin oleh Harvard Medical School, menemukan kalau kesuksesan hidup lebih bergantung pada hubungan cinta yang hangat lebih dari kecerdasan. Aktivitas sederhana seperti minum teh atau kopi bersama di pagi hari mampu membuatmu lebih semangat dalam beraktivitas.

MENYUSUN RENCANA

Menjadi orang terencana itu baik, bahkan bisa menjadi kunci kesukssesan. Elon Musk bahkan memiliki kebiasaan pagi hari dengan menjadwalkan aktivitasnya selama 5 menit. Ia selalu membuat rencana yang solid dan menentukan prioritas. Menjadwalkan kapan waktu yang tepat menyelesaikan tugas yang berat bisa membantumu mengurangi stres serta meningkatkan kinerjamu.

SEBARKAN AURA POSITIF

Jangan datang ke kantor dengan wajah cemberut. Coba sebarkan aura positif dan jadikan kebiasaan pagi hari. Sesederhana kamu mengucapkan ‘selamat pagi’ ke rekan kerjamu. Mengirimkan pesan baik ke orang lain tak hanya menciptakan awalan yang positif untuk menjalani harimu tapi juga mampu membuatmu lebih produktif. 

Sebuah studi gabungan yang diterbitkan pada 2011 dari Wharton School and Fisher College menemukan kalau suasana hati seseorang memengaruhi produktivitas seseorang sepanjang hari. 

Tak semuanya harus kamu ikuti. Setiap orang berbeda-beda namun minimal kamu bisa memilih rutinitas dengan kebiasaan pagi hari yang sehat. Pilih kegiatan yang memberimu energi baik dan menginspirasimu menjadi seseorang yang lebih kuat secara pribadi serta profesional. Atur alarm-mu mulai besok dan lihat apa yang bisa kamu capai.

 

Selanjutnya: Lihat pula kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan perempuan dalam mengatur keuangan. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR