Thursday, 09 May 2019

Alasan Kenapa Orang Ketagihan Minum Kopi dan Bir

img detail
iStock

Kenapa kamu suka minum kopi? Pernahkah bertanya pada diri sendiri? Ternyata ini alasan di baliknya—bukan melulu karena kafein.

Apa kamu tidak pernah ‘lupa’ minum kopi setiap hari? Bagi beberapa orang, kopi menjadi ‘teman terbaik’ dalam hidup. Selain kopi, bir juga menjadi minuman yang digemari banyak orang. 

Kenapa ya orang-orang ketagihan minum kopi dan bir?

Pernahkah pertanyaan itu terlintas di benakmu? Para ilmuwan mencoba mencari tahu mencari variasi dalam gen rasa dari tubuh manusia. Gen ini dapat menjelaskan preferensi minuman kita karena bisa menunjukkan cara-cara seseorang mengatur pola makannya.

"Orang-orang menyukai cara kopi dan alkohol membuat mereka merasa (baik). Itulah sebabnya mereka meminumnya. Jadi bukan karena rasa sebenarnya," kata Marilyn Cornelis, Asisten Profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human Molecular Genetics, beberapa peserta diminta mengonsumsi minuman pahit dan manis. Dibagi atas dua kelompok berbeda. Minuman pahit itu termasuk kopi, teh, jus jeruk, bir, wine, dan minuman keras.

Para peneliti memberikan kuesioner kepada sekitar 336 ribu orang yang meminta mereka untuk melaporkan apa yang dimakan dan minum selama 24 jam terakhir. Ilmuwan juga melakukan studi asosiasi genom tentang konsumsi minuman pahit dan minuman manis.

"Sepengetahuan kami, ini adalah studi asosiasi genom pertama tentang konsumsi minuman berdasarkan perspektif rasa. Ini juga studi asosiasi genom yang paling komprehensif tentang konsumsi minuman sampai saat ini," kata Victor Zhong, penulis utama studi tersebut.

Menurut peneliti Marilyn Cornelis, penelitian ini menyoroti komponen perilakupenting untuk pilihan minuman dan menambah pemahaman kita tentang hubungan antara genetika dan konsumsi minuman.

Jadi minum kopi dan bir bisa menular secara genetik. Ketika orangtuamu minum suka minum kopi maka ada kemungkinan menurun ke anak mereka. 

 

Selanjutnya: ini cara cepat dapat pekerjaan setelah lama menjadi pengangguran. Kamu sudah coba belum? Simak ulasannya di sini


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR