Thursday, 31 May 2018

Ini Tips Perawatan Rambut yang Wajib Kamu Tahu dan Lakukan

img detail
iSTOCK

Saran dari ahli.

Apa ya, yang dilakukan oleh Rapunzel sehingga rambutnya bisa berkilau, tebal, panjang tanpa ujung-ujung bercabang (paling tidak terlihat di film)? Sementara kita terkadang sudah melakukan ritual untuk merawat rambut, tetap saja... hah. Untuk menemukan pencerahan, Woop menghubungi Rima Mawar Sari, pemilik dari Itje Salon, Jakarta dan membicarakan tentang perawatan rambut yang bermasalah. 

“Pertama yang harus dilakukan adalah memilih model rambut yang sesuai terlebih dahulu, sehingga akan mudah ditata," kata Rima mengawali penjelasannya.

Dan saat pagi hari di tengah hiruk-pikuk harus bersiap ke kantor, kamu memutuskan untuk memakai pengering, atau catokan, "pastikan bahwa pengerjaannya dilakukan sempurna. Dengan begini, kita pun tidak akan perlu banyak menggunakan banyak hairspray,” kata Rima.

“Untuk masalah sampo dan conditioner, pilihlah yang sesuai dengan tipe rambut. Lalu, perhatikan reaksi rambut dan kulit kepala setelah menggunakan produk sampo dan conditioner tersebut,” ujarnya. Apakah sesuai dengan janji yang tertulis di botolnya, atau malah membuat rambutmu gatal-gatal dan rontok! Hentikan jika pemakaian menyebabkan kulit kepala teriritasi. 

Berikutnya, tidak cukup keramas, sampo dan kondisioner, rambut juga perlu perawatan lain agar sehat dan kuat. Namun, dalam hal ini sebaiknya jangan sembarangan. Jangan asal menyontek dari internet, atau meniru sebuah tindakan hanya karena berhasil digunakan oleh seseorang. Belum tentu hal yang sama juga membuat rambutmu berkilau seperti model iklan sampo. Berikut panduan perawatan rambut yang harus kamu perhatikan:

DO’S

  • Memakai sampo dan kondisioner yang tepat.
  • Gunakan tonik dan serum untuk menguatkan akar rambut.

  • Gunakan vitamin (bila rambut akan dikeringkan atau dicatok).

  • Guntinglah ujung-ujung rambut secara berkala.

  • Lakukan hairspa atau creambath secara rutin (terutama untuk rambut yang sering diblow, cat, keriting, smoothing, dan lain sebagainya).

DON’TS

  • Mengikat rambut terus menerus dan terlalu kencang.

  • Menggunakan catokan terlalu sering.

  • Melakukan beberapa proses kimia (smoothing, pewarnaan) dalam waktu yang berdekatan.

 


MORE ARTICLES


MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR