7 Cara Mudah dan Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami

7 Cara Mudah dan Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Cara Menghilangkan Ketombe

Ketombe kamu tidak kunjung hilang? Coba beberapa cara mudah dan ampuh menghilangkan ketombe ini.

Ketombe muncul saat terjadinya pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala. Ketombe yang berupa serpihan putih pada rambut seringkali mengganggu. Tidak hanya dapat mengganggu penampilan ketika ketombe bermunculan, tetapi hal ini juga dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Untuk itu, Woop punya beberapa cara mudah dan ampuh menghilangkan ketombe kamu secara alami.

Cara Menghilangkan Ketombe

1. Daun Sirsak

Cara Menghilangkan Ketombe - Daun Sirsak
Cara Menghilangkan Ketombe - Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan acetogenin yang merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas membunuh racun di dalam tubuh. Daun sirsak secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit sehingga daun ini dapat digunakan untuk membasmi kutu dan ketombe. Caranya, tumbuk beberapa helai daun sirsak hingga halus, kemudian tambahkan sedikit air. Gunakan campuran tersebut sebagai masker pada rambut, biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

2. Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Ketombe - Minyak Kelapa
Cara Menghilangkan Ketombe - Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang dapat menutrisi dan menjaga kesehatan rambut serta ampuh untuk membasmi ketombe. Caranya, oleskan satu sendok makan minyak kelapa ke kepala saat rambut dan kulit kepala kering. Oleskan secara merata lalu diamkan selama 30-60 menit, setelah itu bilas sambil keramas menggunakan sampo.

3. Baking Soda

Cara Menghilangkan Ketombe - Baking Soda
Cara Menghilangkan Ketombe - Baking Soda

Meski terdengar aneh, namun ternyata baking soda mampu menghilangkan ketombe secara alami dan cepat. Caranya, larutkan setengah sendok makan baking soda dengan air hingga mengental, oleskan pada kulit kepala secara merata. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga: 7 Cara Alami dan Mudah Memanjangkan Rambut dengan Cepat

4. Bawang Putih + Madu

Cara Menghilangkan Ketombe - Bawang Putih + Madu
Cara Menghilangkan Ketombe - Bawang Putih + Madu

Bawang putih memiliki kemampuan membunuh jamur sekaligus bakteri penyebab ketombe. Cara ini memang kurang disukai karena baunya yang kurang enak. Caranya, haluskan satu siung bawang putih kemudian campurkan sedikit madu untuk mengurangi bau menyengat dari bawang putih. Oleskan campuran tersebut di kulit kepala secara merata, diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

5. Garam

Cara Menghilangkan Ketombe - Garam
Cara Menghilangkan Ketombe - Garam

Garam dapat berfungsi sebagai scrub yang mampu mengangkat kulit mati di kepala sehingga akan membasmi ketombe. Caranya, gosok garam secara perlahan pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

6. Cuka

Cara Menghilangkan Ketombe - Cuka
Cara Menghilangkan Ketombe - Cuka

Cuka bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Namun, jangan menggunakannya terlalu banyak. Caranya, oleskan satu sendok teh cuka secara merata pada kulit kepala, biarkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hingga bersih.

7. Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Ketombe - Jeruk Nipis
Cara Menghilangkan Ketombe - Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang dapat mendorong pertumbuhan akar rambut. Selain itu, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat bermanfaat untuk membasmi ketombe. Caranya, campurkan air perasan jeruk nipis dengan air secukupnya, kemudian oleskan pada kulit kepala. Biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

Nah, itulah beberapa cara mudah dan ampuh untuk menghilangkan ketombe kamu secara alami. Selamat membasmi ketombe, Woop Ladies!

Selanjutnya: Stres menghadapi masalah rambut rontok? Jangan khawatir, yuk lihat rekomendasi tentang merk sampo untuk rambut rontok terbaik berikut ini!

Loading Facebook Comment ...