Banner

Rekomendasi 5 Film Bertemakan Edukasi Seks yang Penuh Pesan

Rekomendasi 5 Film Bertemakan Edukasi Seks yang Penuh Pesan
ISTOCK

Wajib nonton, Ladies! Siapkan Popcorn-mu!

Woop ingin tanya: Apakah kamu mendapatkan pendidikan seks sejak kecil? Yep, membicarakan tentang seks kepada anak dan remaja memang masih menjadi hal yang tabu. Padahal pendidikan seks sejak dini itu sangat penting dilakukan oleh para orangtua agar anak mengerti mana yang benar dan dilarang.

Pendidikan seks sangat dibutuhkan oleh anak-anak di zaman yang canggih seperti sekarang ini. Pasalnya, kita bisa mendapatkan berbagai macam bentuk informasi dengan mudahnya. Nah, jika kamu bingung harus darimana membicarakan tentang seks kepada anak atau adik-mu, kamu bisa mengajaknya menonton lima film bertemakan pendidikan seks penuh makna mendalam yang di kemas dengan apik oleh para sutradaranya.

Jenny, Juno (2005)

Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

Film asal Korea Selatan ini bercerita tentang hubungan cinta masa remaja usia 15 tahun, Jenny dan Juno. Perjalanan pertemanan Jenny dan Juno berakhir dengan menjadi pasangan kekasih. Ditengah kisah cinta mereka, Jenny mendapati dirinya hamil. Meski pada awalnya, mereka mencoba untuk menyembunyikan kehamilan Jenny dari keluarga, tapi akhirnya kebohongan itu terungkap. Setelah itu, masalah demi masalah terjadi di kehidupan mereka berdua. Mulai dari salah satu orangtua mereka yang tidak menginginkan kehamilan Jenny dan memintanya untuk mengaborsinya. Namun, Juno--sebagai orang yang bertanggungjawab atas kehamilan Jenny-- tidak ingin menyerah dan tetap berusaha mempertahankan Jenny dan anaknya.

Juno (2007)

Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

“You're a part time lover and a full time friend. The monkey on your back is the latest trend. I don't see what anyone can see. In anyone else but you...” Pasti tidak asing dengan lirik lagu ini. Yep, lagu yang berjudul ‘Anyone Else But You’ dari Moldy Peaches adalah salah satu soundtrack film Juno.

Film tentang pendidikan seks ini mengisahkan tentang seorang siswi sekolah menengah atas berusia 16 tahun bernama Juno MacGuff. Dalam film ini, Juno menemukan dirinya hamil dengan temannya sendiri, Paulie. Awalnya, Juno memutuskan untuk mengaborsi bayinya. Namun, setelah Juno bertemu dengan seorang teman sekolahnya bernama Valerie--yang mengadakan demonstrasi demi gerakan anti aborsi-- membuatnya mengurungkan niat untuk aborsi dan memilih untuk memberikan bayinya untuk di adopsi orang lain.

Baca: 6 Film Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Nonton Sebelum Oscar

15+ IQ Krachoot (2017)

Dok. Instagram
Dok. Instagram

Ternyata Thailand tidak hanya mempunyai film-film horor saja, tapi ada satu film pendidikan seks yang wajib kamu tonton. Film berjudul 15+ IQ Krachoot ini berkisah tentang remaja laki-laki bernama Chalad yang patah hati kepada Cherry--yang lebih memilih kakak kelasnya bernama Tap. Untuk melupakan rasa sakit hatinya, Chalad pun mengikuti lomba essay yang diadakan di sekolahnya bersama ketiga sahabatnya: Xo dan Xobu. Akan tetapi, ternyata Cherry juga mengikuti essay tersebut bersama dengan Sutkala--anak terpintar satu sekolah.  

Mendengar hal itu, Chalad dan teman-temannya pun mencari cara agar dapat mencuri laporan essay milik Cherry. Tidak disangka, pathner Cherry, Sutkala ternyata menyukai Chalad dan membuatnya berniat jahat untuk melancarkan tujuannya. Akhirnya, ditengah rencana jahatnya, Chalad dan Suktala tidak sengaja melakukan hubungan intim yang membuatnya hamil.

Teenage Mom (2017)

Dok. Instagram
Dok. Istimewa

Cerita film ini diangkat dari webtoon asal Thailand yang berjudul ‘Young Mom’. Berkisah tentang Lani si anak SMA yang berpacaran dengan teman sekelasnya bernama Awan. Setiap kali mereka bertemu rasanya semakin sangat membahagiakan. Mereka pun kian dekat dalam waktu yang cukup cepat, sampai bisa dibilang sudah telalu cepat untuk melewati batas yang membuat Lani hamil. Lani tidak memberitahukan kepada siapapun tentang keadaannya dan malah memutuskan untuk pergi kuliah ke Bangkok. 

Dua Garis Biru (2019)

Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

Yep, film yang sedang ramai dibicarakan ini memang harus menjadi list film yang harus ditonton--secepatnya. Film yang dibintangi oleh Zara 'JKT 48’ dan Angga Aldi Yunanda ini menceritakan sepasang kekasih bernama Dara dan Bima yang masih duduk di bangku SMA. Di usia mereka yang masih muda, hal ‘buruk’ terjadi pada kehidupan Dara dan Bima. Dara dinyatakan hamil dan membuat Bima akhirnya bertanggungjawab. Namun, bagaimana kelanjutan kehidupan Dara dan Bima setelahnya? Jawabannya bisa kamu saksikan di bioskop.