Penikmat Seni? Ini 7 Macam Aliran Seni Lukis Plus Contoh dan Tokohnya!

Mind Blowing! 7 Macam Aliran Seni Lukis, Contoh & Tokohnya!
7 Macam Aliran Seni Lukis

Berikut Woop rangkum 7 macam aliran seni lukis beserta contoh dan tokohnya. Keep on scrolling, Woop Ladies!

Dunia seni memang sangat meluas, contohnya seni musik dapat ditermukan beragam jenis aliran musik seperti pop, jazz, rock, dangdut bahkan keroncong. Begitupun seni arsitektur, seni tari dan masih banyak ragam seni lainnya. Bagaimana dengan seni lukis?

Seni lukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa, seni ini mengapresiasikan kreatifitas seorang seniman melalu bidang dua dimensi. Contoh bidang dua dimensinya adalah kertas, kanvas, papan dan masih banyak lagi. Seni lukis memiliki macam-macam aliran seni lukis yang seiring perkembangan zaman makin berkembang. (Sumber: ilmuseni)

Nah, apa saja aliran seni lukis tersebut dan bagaimana contohnya? Untuk mengetahui lebih jelas, Woop akan memberikan 7 contoh aliran seni lukis beserta contoh dan tokohnya!

7 Aliran Seni Lukis Berserta Contoh dan Tokohnya

1. Aliran Ekspresionisme

7 Macam Aliran Seni Lukis - Aliran Eskpresionisme
7 Macam Aliran Seni Lukis - Aliran Eskpresionisme

Aliran ini adalah salah satu aliran dalam seni lukis yang memberikan kebebasan untuk berekspresi dalam distorsi bentuk dan warna yang akhirnya melahirkan emosi atau pernyataan lain dari dalam jiwa, baik fokus dari seniman ataupun objeknya.

Bercirikan mengungkapkan emosi kemarahan ataupun depresi dibandingkan kebahagiaan, berisikan ungkapan hati dengan pemilihan warna dan imajinasi seseorang.

Tokoh: Ernast Ludwig, Vincent Van Gogh, Paul Gaugiuin, Zaini dan Affandi.

2. Aliran Abstraksionisme

7 Macam Aliran Seni Lukis - Aliran Abstraksionisme
7 Macam Aliran Seni Lukis - Aliran Abstraksionisme

Aliran yang berjenis non figuratid dan kubistis ini adalah aliran seni lukis yang menggunakan bentuk dan warna secara mengacak. Tetapi aliran ini menghindari peniruan objek secara mentah dan memberikan sensasi keberadaan objek dengan menggantikan bentuk dan porsinya.

Bercirikan unsur seni lukis yang disusun enggak berbatas pada bentuk yang ada di alam, dan enggak mengindahkan bentuk asli dari alam.

Tokoh: Robert Montherwell, Cyfford Stll, Bornet Newman dan Mark Rothko.

3. Aliran Gotik

7 Macam Aliran Seni Lukis - Aliran Gotik
7 Macam Aliran Seni Lukis - Aliran Gotik

Satu aliran dalam seni lukis yang akan menggambarkan sebuah objek dengan menggunakan garis tebal dan ramping, dengan tujuan menegaskan sesuatu lukisan yaiu aliran gotik.