Melati di Taman Keberagaman, Buku Tentang Praktik Kepemimpinan Perempuan

Kepimipinan Wanita dalam Buku Melati di Taman Keberagaman
Launching Buku Melati di Taman Keberagaman

Bicara soal kepemimpinan, Mathilda Birowo mencoba mengangkat isu tersebut lewat buku terbarunya yang berjudul Melati di Taman Keberagaman

Perempuan memiliki insting dan passion keibuan yang memungkinkannya lebih mudah untuk menjalani tugas-tugas merawat kebinekaan, menjaga keberlangsungan hidup, meredakan konflik, serta memelihara perdamaian.

Hal tersebutlah yang melatarbelakangi Mathilda AMW Birowo untuk meluncurkan buku bertajuk, "Melati di Taman Keberagaman", yang menceritakan tentang praktik kepemimpinan inklusif di Indonesia dan Australia.

Secara praktis, buku tersebut membahas tentang bagaimana kita memahami pentingnya keberagaman dan inklusi dalam kepemipinan perempuan, yakni dengan mengidentifikasi cara-cara guna meningkatkan keterampilan kepemimpinan yang efektif dan mampu memengaruhi perubahan dengan studi kasus di dua negara, yaitu Australia dan Indonesia.

Baca juga: Pameran Ria Miranda, Memperingati Perjalanan 1 Dekade di Dunia Fashion Tanah Air

Launching Buku Melati di Taman Keberagaman
Launching Buku Melati di Taman Keberagaman

“Kita ingin agar perempuan Indonesia melek kepemimpinan, memiliki leadership literacy. Karena kepemimpinan bukan hanya milik mereka yang duduk di posisi puncak, melainkan ada di setiap diri kaum perempuan. Perempuan harus mampu memahami potensi diri, berani bersikap, bersuara, merebut peluang yang ada. Mari bersama mengembangkan dan mempromosikan program-program kebhinekaan secara lintas, terintegrasi baik melalui pribadi, komunitas maupun organisasi,” ungkap Mathilda tentang latar belakang penulisan bukunya.

Jika diperhatikan, buku karya Mathilda tersebut sangat relevan dengan kondisi Indonesia masa kini. Bahkan, Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraannya di DPR tanggal 16 Agustus 2019 menyebutkan secara tegas bahwa ada tiga hal yang menjadi krusial di negeri ini, yaitu menguatnya sikap intoleran, radikalisme, dan terorisme.

Baca juga: The Art of Position, Hand Book untuk Para Wanita Karier

Launching Buku Melati di Taman Keberagaman
Launching Buku Melati di Taman Keberagaman

Dalam rangka peluncuran, Melati di Taman Keberagaman, hadir juga talkshow bertajuk, "Kepemimpinan dalam Merawat Kebhinekaan" bersama sederet wanita hebat di berbagai bidang. Tidak hanya menghadirkan Mathilda AMW Birowo sebagai penulis buku, acara ini juga menghadirkan tiga narasumber lain, yaitu Ibu Prof. Dr. Musdah Mulia dari Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), serta Ibu Hermien Kleden sebagai, Senior Journalist dan Media Mentor.

Sesuai judulnya, Mathilda berharap buku tersebut bisa menjadi pedoman bagi kaum wanita dalam menjalankan perannya di masyarakat. Bagi yang tertarik, kamu bisa mendapatkan buku tersebut di Gramedia dengan harga Rp135.000.

Selanjutnya: Kabar baik bagi penggemar teater musikal, kali ini Hairspray - The Broadway Musical akan diadaptasi ke dalam versi Indonesia, lho!

Loading Facebook Comment ...