Kamu Pendaki Pemula? Yuk Intip Rekomendasi Gunung yang Cocok Didaki Versi Woop!

Kamu Pendaki Pemula? Inilah Rekomendasi Gunung Untuk Pemula
Gunung Yang Cocok Untuk Pemula

Ngga semua gunung cocok untuk didaki oleh pemula, yuk cari tahu dulu gunung apa saja yang cocok buat pemula!

Pesona dari alam di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu pesona keindahannya adalah gunung-gunung yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Indonesia merupakan Negara yang berada di wilayah ring of fire, memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif maupun sudah tidak aktif yang tentunya memikat wisatawan yang berkunjung.

Tidak hanya dimanjakan dengan panorama alam yang mengagumkan, mendaki gunung juga dipercaya dapat membentuk fisik dan mental yang lebih kuat menjalani hidup. Salah satu cara menikmati keindahan sebuah gunung adalah dengan mendaki gunung tersebut hingga ke puncaknya.

Selain melakukan berbagai persiapan baik secara fisik dan teknis yang matang, bagi para pendaki pemula sebaiknya dapat memilih gunung yang memiliki jalur pendakian yang mudah agar dapat beradaptasi dengan kondisi alam saat mendaki.

Nah, kalau kamu baru akan melakukan sebuah perjalanan pendakian, sebaiknya kamu pilih gunung dengan ketinggian yang dibawah 3,000 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu curam atau bahaya. Karena setiap gunung mempunyai level medannya masing-masing. Berikut rekomendasi gunung yang cocok didaki versi Woop untuk pemula!

Rekomendasi Gunung yang Cocok Didaki Untuk Pemula

1. Gunung Besek, Wonogiri (850mpl)

Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Besek
Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Besek

Gunung Besek memang belum banyak diketahui oleh para wisatawan, gunung ini berada di perbatasan Wonogiri dan Pacitan. Dengan susunan bebatuan yang besar di puncak, mendaki Gunung Besek akan menjadi pengalaman yang tidak mudah kamu lupakan. Untuk mencapai puncaknya, kamu perlu melewati hutan dan lereng perbukitan, tersedia juga lahan parkir sejauh 15 menit dari puncak.

2. Puncak Gadjah, Purbalingga (1.440mpl)

Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Puncak Gadjah
Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Puncak Gadjah

Berada dalam bagian dari rangkaian Gunung Pulosari, Purbalingga yang terletak di kaki Gunung Slamet, untuk mencapai Puncak Gadjah kamu hanya membutuhkan waktu 30 menit hingga satu jam dari area parkir di Desa Karangreja.

Saat sampai dipuncaknya, kamu bisa menikmati panorama indah yaitu golden sunrise dengan latar belakang Gunung Sindoro yang mengagumkan. Kalau kamu berniat untuk melihat sunrise, jangan sampai lupa menggunakan jaket tebal, karena suhu di Puncak Gadjah bisa sangat dingin hingga 15 derajat Celcius lho, Woop Ladies!

3. Gunung Penanggungan, Mojokerto (1.653mpl

Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Penanggungan
Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Penanggungan

Terkenal oleh para pendaki sebagai miniaturnya dari Gunung Semeru, Gunung Penanggungan ini terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Disebut miniatur karena puncak gunungnya yang berupa dataran tandus. Jalur yang direkomendasikan untuk pendaki pemula yaitu melalui jalur Tamiajeng di Trawas, Mojokerto.

Waktu yang diperlukan untuk sampai di puncaknya yaitu setidaknya empat jam. Kalau kamu tiba-tiba tidak kuat mendaki, kamu bisa berkemah di Puncak Bayangan dan meneruskan perjalanan ke puncak Gunung Penanggunan. Pemandangan di puncak tentunya akan menjadi hadiah yang tak tergantikan.

Baca juga: Mau Naik Gunung? Nih Baca Tips untuk Kamu Pendaki Pemula

4. Gunung Andong, Magelang (1.731mpl)

Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Andong.
Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Andong.

Mempunyai ketinggian 1.731 mdpl, Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tidak jauh dari Jogja, kamu bisa melanjutkan perjalanan pendakian ke Magelang dan naik ke puncak Gunung Andong dan cocok buat pendaki pemula. Gunung ini menyajikan pemandangan menawan di puncaknya.

Selain itu, jalur pendakiannya mudah dan papan petunjuk yang jelas sehingga kamu tidak perlu takut tersesat. Dari base camp sampai ke puncak, dengan berjalan kaki hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam.

Kamu bisa melakukan pendakian dalam waktu sehari, alias bisa langsung pulang tanpa perlu bermalam disana. Tapi kalau kamu lelah, disarankan untuk menginap atau camping di Gunung Andong karena memiliki pemandangan sunrise yang cantik. Keunikan Gunung Andong ini terlihat dari bagian puncaknya yang menyerupai punuk unta.

5. Gunung Batur, Bali (1.717mpl)

Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Batur
Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Batur

Walaupun tergolong cukup tinggi, tetapi Gunung Batur masih termasuk ramah untuk para pendaki pemula. Kuncinya kamu harus memiliki fisik yang sehat sebelum mendaki. Keindahan kaldera yang luas dan padang rumput menjadi daya tarik utama para pendaki, berkemah di tepi Danau Batur sambil menikmati stargazing langit malam Pulau Dewata yang mempesona.

Kamu setidaknya butuh waktu 2 sampai 3 jam untuk dapat mencapai puncak Gunung Batur. Kamu tidak perlu khawatir, saat ini sudah ada beberapa paket tur pendakian reguler atau perlu pemandu selama pendakian.

6. Gunung Sibayak, Karo (2.212mpl)

Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Sibayak
Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di kawasan Dataran Tinggi Karo Sumatera Utara. Pemandangan sunrise juga jadi salah satu momen penting yang tidak boleh kamu lewatkan jika mendaki Gunung Sibayak. Melalui jalur dari Desa Semangat, kamu dapat menemukan jalur pendakian yang relatif mudah. Pemandangan yang khas yaitu batuan cadas dan kawah aktif menjadi daya tarik utama dari Gunung Sibayak.

7. Gunung Papandayan, Garut (2.665mpl)

Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Papandayan
Gunung Yang Cocok Untuk Pemula - Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan gunung yang memiliki banyak kawah seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Gunung ini juga terdapat padang Edelweis luas yang dikenal dengan nama Tegal Alun.

Selain medannya yang landai, kamu juga dimudahkan dengan fasilitas untuk para pendaki di sepanjang jalur pendakian, ada toilet hingga warung makan di atas puncak bisa dengan mudah kamu dapatkan. Namun, berdasarkan aturan setempat, para pendaki dilarang memetik bunga Edelweis demi kelestarian bunga langka tersebut.

Nah, semoga rekomendasi 7 gunung gunung yang cocok didaki versi Woop untuk pemula di atas bisa jadi rujukan untuk pendakianmu ya. Sebagai kategori pendaki pemula, tetap selalu lakukan persiapan fisik, mental serta membawa kelengkapan mendaki sebelum berangkat ya. Tentunya, jangan lupa bawa pulang sampahmu dan utamakan keselamatan. Selamat mendaki ya, Woop Ladies!

Selanjutnya:

Ingin Mulai Lakukan Senam Lantai? Ini 5 Gerakan Untuk Pemula

Ini 5 Cara Membuat Alis Natural Untuk Pemula!

Tanpa Aplikasi, Ini Cara Mudah Merekam Layar PC untuk Pemula

Tips Make up Natural untuk Para Pemula

Mau Naik Gunung? Nih Baca Tips untuk Kamu Pendaki Pemula