Banner

Ternyata Pekerja Kantoran yang Paling Banyak Naik LRT di Hari Pertama

Ternyata Pekerja Kantoran yang Paling Banyak Naik LRT di Hari Pertama
Dok. Instagram @lrtjkt

Sudahkah kamu mencoba menggunakan moda transportasi LRT Jakarta di hari pertama pengoperasiannya?

Mungkin dari banyaknya kekurangan yang masih bisa dirasakan, tapi ada satu cerita unik yang diungkapkan oleh Dirut PT LRT Jakarta, Allan Tandiono. Mau tahu? Simak penuturannya kepada Woop di bawah ini. 

Setelah MRT Jakarta beroperasi, warga Jakarta kembali diberikan kenyamanan dalam hal transportasi. Yep, Kereta Lintas Rel Terpadu atau LRT Jakarta sudah mulai melakukan uji coba publik secara gratis, kemarin (11/06/19) selama 11 hari ke depan. Apakah kamu sudah mencobanya? 

Meski sempat tersendat dan belum semuanya selesai, namun pembangunan LRT ternyata tetap bisa berjalan. Terbukti dengan beroperasinya LRT Jakarta--tahap uji coba publik-- kemarin dengan rute Kelapa Gading - Velodrome Rawamangun. Sebenarnya sebelum dibuka di bulan Juni ini, LRT Jakarta sempat dibuka untuk publik secara terbatas saat perhelatan Asian Games 2018 dengan tujuan memudahkan warga Jakarta untuk menyaksikan para atlet bertanding. 

img

Berbeda dengan MRT, di hari pertama peroperasiannya LRT Jakarta ada hal yang tidak biasa terjadi yaitu penumpang pertama yang menggunakan moda transportasi ini adalah para pekerja kantoran. Hal ini juga diungkapkan oleh Dirut PT LRT Jakarta, Allan Tandiono

"Yang menarik, orang pertama yang mencobanya justru para pekerja kantoran yang kantornya di daerah Sudirman. Sekitar pukul 06.20 WIB seorang karyawati menjadi penumpang pertama dari boulevard utara,” ungkapnya. 

Tentunya hal ini menjadi menarik, jika biasanya penumpang yang mencoba transportasi baru hanya untuk menikmati perjalanan dan berfoto-foto saja, bukan untuk melakukan perjalanan dalam urusan pekerjaan. 

Tapi apakah kamu tahu kepanjangan LRT? Yep, LRT adalah singkatan dari Light Rail Transit, namun adapun arti lainnya yaitu L berarti Lincah yang didefinisikan Kereta LRT Jakarta didesain secara aeordinamis, mirip mobil balap yang bisa melesat cepat tanpa terhambat angin. Kecepatan maksimumnya 90 km/jam. Kemudian R yang berarti Ramah Lingkungan, karena depo LRT berkonsep hijau dengan bukti pepohonan yang telah ditanam.

img

Wilayah Depo dikonsep memiliki ruang terbuka hijau (RTH). Juga jalur LRT dikonsep sebagai area teduh dengan pepohonan dan LRT adalah transportasi massal ramah lingkungan, jarak yang ditempuh LRT adalah 5,8 km. Waktu tempuh keenam stasiun sekitar 13 menit. Hanya perlu sekitar 2,5 menit ke setiap stasiun. Terakhir, T berarti Terpecaya.

Kereta LRT didesain dengan teknologi canggih Korea Selatan. Kereta LRT Jakarta mampu melaju dengan cepat mengikuti kontur rel bahkan pada tikungan tajam radius 40 meter, jadi memang benar-benar dijamin keamanannya!

Jadi jika kamu ingin mencoba menggunakan moda transportasi baru kebanggaan warga Jakarta ini secara gratis dari pukul 05.30 WIB sampai 23.00 WIB, kamu hanya perlu mendaftarkan diri melalui website resmi LRT Jakarta .

Selanjutnya: Saat Lebaran biasanya kita bertemu dengan banyak sepupu-sepupu yang ternyata menarik hati. Apakah kamu pernah 'naksir' dengan sepupumu sendiri? Tapi ternyata dibalik rasa jatuh cintamu dengan sepupumu sendiri, ada risiko yang bisa kamu dapati lho. Apa saja risikonya? Jawabannya di sini.