Banner

5 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bersama Pasangan

5 Cara Mengatur Keuangan Bersama Pasangan
5 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bersama Pasangan

Sepakat untuk mengatur keuangan pasangan bersama-sama? Agar nantinya nggak menimbulkan masalah, ikuti lima cara ini ya...

Banyak hal yang akan berbeda setelah kamu menikah; yang biasa melakukannya sendiri, sekarang harus menjalankannya berdua, termasuk dalam mengatur dan membicarakan masalah keuangan. Jangan sampai karena masalah uang, hubungan pernikahan kamu malah berantakan. Lantas, bagaimana cara mengelola keuangan bersama dengannya? 

Ya, uang adalah salah satu hal paling sensitif saat dibicarakan dalam suatu hubungan, jadi tidak heran jika masalah keuangan sering menjadi penyebab utama perselisihan antara kamu dan dia. Membicarakan uang itu bisa menjadi rumit saat pendapatanmu lebih besar dibandingkan pasanganmu. Meluangkan waktu untuk menetapkan prioritas keuangan adalah salah satu cara yang dapat membantu memastikan pernikahan yang langgeng dan bahagia. Nah, Woop akan memberi kamu cara terbaik dalam mengelola keuangan bersama pasangan.

BERANI MEMBICARAKANNYA (SEBELUM MENIKAH)

Membicarakan masalah keuangan dengan pasangan memang sangat sensitif. Sehingga banyak pasangan yang memilih untuk menghindari topik uang. Padahal yang harus kamu tahu adalah tentang bagaimana pandangan dia mengenai usaha untuk mendapatkannya, menghabiskan, hingga menabung (sebelum memutuskan menikah). Dengan mengetahui hal tersebut, kamu tidak akan kaget dan kecewa dengannya.

BAHAS KEINGINAN MASING-MASING

Yep, membahas keinginan masing-masing sangat diperlukan. Kamu dan dia tentunya memiliki target impian masing-masing. Saat kamu dan dia memiliki keinginan yang berbeda, cobalah untuk membicarakan keinginan tersebut dan mencari solusi yang dapat diterima keduanya. Agar tidak terjadi perselisihan antara kamu dan dia. Cara ini juga memudahkan kamu dan si dia untuk mengetahui tujuan pengeluaran yang akan datang.

TAHU TENTANG PENDAPATAN DAN PENGELUARAN

Sebelum membahasnya bersama pasangan ada baiknya untuk kamu mulai mencatat keuangan milikmu. Kamu mungkin saja kaget saat mengetahui adanya pengeluaran yang ternyata tidak penting, misalnya seperti membeli lipstik dengan warna serupa, secangkir kopi setiap hari, hingga belanja online. Jadi, kamu sangat perlu untuk mengetahui tentang pendapatan dan pengeluaranmu setiap bulan, agar saat sudah menikah dengannya tidak merugikan kehidupan pernikahanmu.

GUNAKAN STRATEGI DALAM MENGELOLA KEUANGAN

Yep, ini yang selalu ada dipikiran semua orang yang sudah menikah: setiap pasangan tentu akan berpikir bahwa uang yang didapat akan menjadi hak bersama. Sepertinya pernyataan itu ada yang harus diubah. Daripada mencampurkannya, ada baiknya untuk membagi rata pada rekening yang berbeda. Cara ini dapat menghindari masalah yang timbul akibat kesalahpahaman kamu dengannya.

SELALU MENGONTROL

Meskipun itu uang bersama, kamu dan dia tetap harus seimbang dalam menggunakannya (antara pengeluaran pribadi dengan uang yang harus ditabung). Misalnya, saat kamu ingin membeli tas favorit, jangan lupa juga untuk membelikannya sepatu yang dia inginkan. Selain itu, kamu dan dia juga harus membahas dana simpanan yang bisa kamu pakai saat kamu sudah memiliki anak nanti.

BUATLAH RANCANGAN MASA DEPAN

Rasanya siapapun orangnya tentu ingin menikmati masa depan yang aman dan nyaman. Untuk mendapatkan hal itu, tentunya kita harus mulai menabung. Karena kita tidak akan tahu sampai kapan bekerja. Jadi mulailah untuk memisahkan tabungan antara kebutuhan pribadi dan simpanan hari tua.

Selanjutnya: hai para perempuan, jangan pernah melakukan tiga kesalahan dalam mengatur keuangan.