8 Tips Penting Saat Mencukur Kaki

8 Tips Penting Saat Mencukur Kaki
ISTOCK

Ini adalah pilihan. 

Mencukur kaki itu pilihan. Ada yang anti melakukannya karena menganggapnya kurang feminis; ada yang melakukannya yah... karena lebatnya bulu kaki membuatmu panik dan histeris sendiri. Apapun paham yang kamu anut, jika tetap ingin mencukur kaki minggu ini, perhatikan panduan ini terlebih dahulu. 

1. Cukur Terakhir

Semakin lama di kamar mandi, bulu dan rambut akan semakin lembut sehingga lebih mudah dicukur. Jadi, keramas rambut dan cuci muka terlebih dahulu lalu cukur bulu kaki.

2. Eksfoliasi

Untuk benar-benar aman, direkomendasikan untuk mengeksfoliasi kulit sebelumnya untuk melepaskan sel-sel kulit mati yang bisa menghalangi kerja alat cukur dan menyebabkan kulit terbakar. Hal ini juga akan mencegah ingrown hairs (kulit menjadi kemerahan, bengkak, dan gatal).

3. Gunakan Krim Cukur

Krim atau gel cukur merupakan sebuah langkah tambahan (daripada hanya menggunakan body wash), tapi sangat berguna untuk lebih melembutkan dan melembabkan bulu dan kulit, serta memungkinkan alat cukur melakukan pekerjaannya dengan lancar. Perlu diketahui, mencukur kulit dalam kondisi kering bisa menyebabkan kulit semakin kering dan teriritasi. Selain itu, hindari menggunakan krim cukur yang mengandung alkohol atau fragrance jika kamu memiliki kulit sensitif.

4. Lewatkan Ingrown Hairs

Jika kamu berpikir bahwa mencukur ingrown hairs akan membuatnya cepat sembuh, salah besar. Hal ini akan semakin mengiritasi folikel kulit; lebih baik lewatkan bagian tersebut sampai benar-benar sembuh.

5. Searah dan Berlawanan