Jangan Lakukan Ini Saat Memakai Sepatu Hak Tinggi

Jangan Lakukan Ini Saat Memakai Sepatu Hak Tinggi
ISTOCK

Punya satu tidak cukup.

Tidak ada yang membuat lebih merinding selain melihat seseorang memakai sepatu berhak tinggi... dan kebesaran. Cara jalannya yang tertatih-tatih membuat kita seperti ingin buru-buru menghampiri dan menggendongnya. Eitsss... sebaiknya tidak langsung berasumsi bahwa mereka melakukannya karena "kurang kerjaan", karena beberapa pekerjaan dan profesi memang "menjadikan" high heels sebagai seragam wajib kerja. Sementara sebagian lagi memakai sepatu berhak-hak karena sebuah pilihan.

Namun bukan bermaksud menakut-nakuti, faktanya, sepatu jenis ini bisa menyebabkan bunion (bengkak pada tulang sendi jempol), Morton's neuroma, metatarsalgia, kelainan Haglund, hammertoes, osteoarthirits, tendonites, sciatica, sakit punggung, penyakit  degeneratif tulang sendi, memperpendek tulang betis, mengubah cara jalan dan meningkatkan resiko cidera mata kaki. Dan coba Google: bunion Victoria Beckham atau kaki Jennifer Lopez atau operasi pelurusan Penelope Cruz atau kelainan kaki Kate Moss. Semua informasi tersedia di sana. Intinya, sebelum memutuskan memakai high heels hari ini atau besok atau minggu depan, coba baca panduan ini. 

DO’S

  • PERHATIKAN UKURAN SEPATU

SANGAT PENTING! Kesalahan nomor satu yang sering kita lakukan adalah memiliki ukuran sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki. Patut diingat bahwa setiap tahun ukuran kaki akan berubah, bahkan sebanyak satu ukuran penuh, terutama setelah memiliki anak. Jadi, ukurlah kakimu setiap tahun agar tidak salah beli. 

  • BELI SEPATU DI SORE HARI 

Ukuran kaki akan normal akan terjadi pada sore hari. Sementara pada pagi hari, ukurannya sedikit membesar. 

  • RENDAM KAKI DENGAN AIR DINGIN SETIAP MALAM

Jika kakimu membengkak dan nyeri karena seharian memakai high heels, rendam dengan air dingin selama 10 menit.

  • SEMAKIN TEBAL TUMIT, SEMAKIN BAIK

Hindari tumit tipis, stiletto karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan dan langkah kaki bergoyang-goyang.

  • LAKUKAN PEREGANGAN

FYI, melakukan peregangan pada bagian kaki penting dan wajib hukumnya jika kamu memakai high heels.

  • BERJALAN PELAN-PELAN

Hal ini sangat penting saat memakai sepatu high-heels, lho. Mengambil langkah tidak terburu-buru dan memastikan berat badanmu seimbang.

DON'TS

  • SOL TIPIS