Bolehkah Berenang Saat Menstruasi? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Bolehkah Berenang Saat Menstruasi? Ini Penjelasan Ilmiahnya!
Perempuan berenang

Punya hobi berenang tapi menstruasi malah menghambatnya? Tak perlu risau, simak penjelasannya terlebih dulu Woop Ladies!

Sudah bersiap menikmati liburan sambil berenang di pantai, tapi menstruasi malah datang tiba-tiba? Tak perlu khawatir, kamu masih tetap bisa menghabiskan waktu di dalam air tanpa takut 'bocor'. Yuk simak penjelasannya!

Kamu yang punya hobi berenang sekarang tak perlu takut lagi, karena menstruasi ternyata tak menghalangi aktivitas yang berhubungan dengan air.

"Bagi perempuan, aman untuk berenang di masa menstruasi mereka. Itu tidak akan meningkatkan risiko infeksi," ucap Dr. Jacqueline Ho, MD, ahli endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Keck Medicine USC.

Berenang
Berenang

Ketika berenang tanpa menggunakan pembalut, mungkin kamu akan menyadari bahwa menstruasi berhenti sementara saat tubuh berada di air. Ternyata, ada penjelasan ilmiah terkait hal tersebut.

"Darah biasanya mengalir keluar dari rahim ke dalam vagina melalui serviks karena gravitasi, dan tekanan air dapat menurunkan aliran saat berenang," kata Ho.

Menurut penjalasan Ho, tekanan air bisa memperlambat aliran darah menstruasi, tapi hal itu tak sepenuhnya mengentikan alirannya dari tubuh.

Baca juga: Ini 3 Cara Mudah Redakan Nyeri Menstruasi Tanpa Obat!

"Tekanan air untuk sementara waktu dapat menghentikan aliran haid saat berada di dalam air, tetapi batuk, bersin, tertawa, gerakan besar dapat mengesampingkan ini," kata Dr. Leah Millheiser, MD, OB-GYN dan direktur Program Pengobatan Seksual Wanita di Perawatan Kesehatan Stanford.

Meski sudah terjawab, pertanyaan lain pun kembali muncul. Seperti produk perawatan feminin (pembalut) seperti apa yang tepat digunakan untuk berenang? Nah, jenis produk perawatan feminin yang paling direkomendasikan untuk berenang adalah tampon dan menstrual cup.

Perempuan berenang
Perempuan berenang

"Sangat aman untuk berenang dengan tampon," kata Jennifer Meyers, CNM, bidan perawat bersertifikat di Mayo Clinic Health System.

Ia pun melanjutkan, "Ketika sebuah tampon dimasukkan, ia akan terletak cukup dalam di vagina untuk mengumpulkan aliran menstruasi. Sisa vagina tetap tertutup selama berenang, jadi tidak ada banyak pertukaran cairan dari luar."

Selain itu, jika kamu bukan penggemar tampon, menstrual cup juga bisa digunakan sambil berenang. "Cup harus tetap ditempatkan dengan baik selama berenang, dan memberikan penghalang antara aliran menstruasi dan air," kata Meyers.

Well, sudah cukup jelas kan ulasannya. Kini, kamu tak perlu ragu lagi masuk ke dalam air saat sedang dalam masa menstruasi.

Selanjutnya: Pembalut adalah benda terpenting yang harus digunakan wanita setiap kali menstruasi. Berikut rekomendasi pembalut untuk kulit sensitif!

Loading Facebook Comment ...