Studi Menyebutkan Usia Pertama Menstruasi Berpengaruh Pada Kesehatan Jantung

Usia Pertama Menstruasi Berpengaruh Pada Kesehatan Jantung
Menstruasi pada Wanita

Usia pertama kali wanita mengalami menstruasi, ternyata punya pengaruh besar terhadap kesehatan jantungnya di masa depan.

Masih ingat, kapan kamu pertama kali mengalami menstruasi? Jangan anggap sepele lho, karena ternyata hal itu sangat berpengaruh dengan risiko serangan jantung, stroke, dan gagal jantung. Nggak percaya? Begini penjelasannya!

Banyak perempuan nggak menyadari betapa pentingnya usia awal menstruasi. Menurut Dr. Carl Pepine, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran di University of Florida di Gainesville, faktor risiko yang terjadi dari hal tersebut ternyata cukup besar.

"Bukan hanya para wanita tetapi para dokter juga tidak menyadarinya. Hal ini bahkan tidak dicatat di sebagian besar rekam medis (90%),” kata Pepine dilansir dari TODAY.

Hari Menstruasi Sedunia, Perempuan Harus Paham 4 Hal Ini Saat Haid - 0
Usia Awal Menstruasi Berpangaruh pada Kesehatan Jantung

Semenjak mengetahui risiko dari hal itu, ia sekarang secara rutin bertanya kepada pasien wanitanya tentang usia menstruasi pertama mereka. Ia juga mendorong para dokter lain untuk melakukan hal yang sama, dan memerhatikannya lebih seksama dalam riwayat kesehatan pasien wanita.

Baca juga: Tulang Rusuk Wanita Ini Patah Akibat Terlalu Sering Pakai Tabir Surya

Pepine adalah salah satu penulis dari studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association. Studi tersebut menemukan bahwa wanita yang mulai menstruasi setahun lebih awal atau lebih lambat dari 12 tahun (usia rata-rata menstruasi), memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung

Gak hanya itu, para peneliti juga menemukan bahwa perempuan yang mengalami menstruasi pertama pada usia 10 tahun atau lebih muda, ternyata memiliki risiko empat kali lipat lebih tinggi terkena serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan kematian dini dibandingkan perempuan yang mulai menstruasi pada usia 12 tahun.

Serangan Jantung
Serangan Jantung

Mereka yang mengalami menstruasi pertama mereka pada usia 11, 13, 14 dan 15 atau lebih tua, memiliki setidaknya dua kali lipat peningkatan risiko penyakit jantung. Wanita yang mulai mengalami menstruasi sebelum atau setelah usia 12 memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah jantung.

Hasil tersebut diambil dari 648 wanita dewasa yang memiliki gejala penyakit jantung, dan yang melaporkan usia pertama kali mengalami menstruasi, sebagai bagian dari penelitian yang dilakukan oleh National Heart Lung and Blood Institute.

Jika melihat dari hasil penelitian tersebut, sambil mengingat-ngingat waktu pertama kali mengalami menstruasi, tak ada salahnya untuk semakin menjaga kesehatan jantungmu, ladies!

Selanjutnya: Hal mengejutkan terjadi, saat seorang wanita berjalan dengan kamera tersembunyi di bra-nya. Ternyata ini yang dilakukan orang-orang.

Loading Facebook Comment ...