Dicari: Nude Lipstick Terbaik untuk Setiap Warna Kulit

Dicari: Nude Lipstick Terbaik untuk Setiap Warna Kulit
ISTOCK

Akhirnya ditemukan. 

Pernah membeli sebuah nude lipstick dan merasa bahwa kamu sepertinya sudah memiliki 20 lipstik lain dengan warna yang persis, persis sama? Don’t worry, we won’t judge. Pasalnya, tidak ada nude lipstick yang persis, persis sama dan diciptakan setara; hasil akhirnya, undertone-nya, unsur tahan lamanya berbeda-beda. 

Sejatinya, nude lipstick harus bisa menyenangkan dirimu dan orang lain yang melihat. Lipstik ini cocok untuk acara malam (seimbangkan dengan smokey eye), dipakai tiap hari dan melengkapi setiap outfit. Namun, tidak bisa dipungkiri mencari warna yang tepat memang butuh usaha dan uji coba. Terlalu gelap bisa membuatmu seperti terjebak di tahun 90an, sementara terlalu pucat bisa menghilangkan warna wajah dan membuatmu seperti hantu. Pada dasarnya, nude lipstick yang benar seharusnya bisa menyeimbangkan dan mencerahkan warna kulit. Membuatmu terlihat kalem atau seksi, yah... tergantung dari nuansa dan hasil akhirnya. Oleh karena itu, sebagai panduan, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

1. Tentukan Nuansa Nude-mu

Cara mudah melakukannya adalah dengan mencocokkan warna lipstik dengan warna alami bibirmu. Jadi, cari tahu warna bibir naturalmu untuk memutuskan warna lipstik yang tepat. Atau, pakai teori "unik" dokter ini: intip bagian dalam bra, dan lihat warna nipple-mu. Ternyata, menurutnya nuansa nude lipstick yang tepat untukmu adalah yang warnanya sama dengan putingmu. Konon, berdasarkan pengalaman mereka sudah mempraktikkannya, trik ini terbukti ampuh! Nature knows best.

Jika bibir bagian atas dan bawah memiliki warna yang berbeda, itu artinya sebelum mengaplikasikan lipstik, gunakan pensil untuk mengisi bibir agar dasarnya lebih senada. Lalu, oleskan lipstik secara penuh, seperti matte atau amplified satin. Namun, pastikan bibirmu terhidrasi dengan baik karena nude colors akan semakin menonjolkan sudut-sudut yang kering. Jika ingin warnanya terlihat dengan baik, netralkan warna lipstik dengan mengaplikasikan alas bedak sebagai dasar.

2. Perhatikan Warna Kulit 

  • PUTIH DAN MEDIUM 

Kulit langsat terlihat bagus dengan pinkish beige nudes. Gloss bisa ditambahkan untuk efek 3-D. Sementara, peachy atau coral nudes cenderung membuat kulit langsat terlihat pucat dan tidak sehat. Di sisi lain, medium-tone complexions terlihat cocok dalam peachy dan coral beige. Pasalnya, warna-warna ini akan menonjolkan kulit dan membuatnya terlihat segar. Hindari: warna orange. 

  • KULIT OLIVE DAN KUNING LANGSAT 

Warna terbaik adalah peachy cinnamons dan pearlescent beigey pinks untuk kontras yang agak lembut. Warna-warna ini akan membuat kulit lebih hidup. Juga, warm bronzes dan deep-toned beige untuk jenis kulit ini. Oleh karena warna-warna coklat dan nude bisa membuat kulit terlihat lelah, disarankan untuk memilih lipstik dengan sheer moisturizing shine untuk merefleksikan sinar lipstik, sehingga bibir terlihat lebih penuh dan seksi.

  • KULIT COKLAT DAN GELAP

Dengan nuansa kulit yang lebih tua, nude lips akan terlihat bagus ketika memiliki nuansa deep mocha, merah dan coklat emas. Warna-warna ini cocok untuk pemilik kulit coklat, dan sebaiknya hindari lipstik yang terlalu cerah. Jika memang tetap ingin memakai warna lebih cerah, usahakan untuk menggunakan pensil lipstik yang sedikit lebih tebal. Pastikan untuk mencampur dan membaurkan pensil ke dalam bibir setelah menggarisinya agar tidak terdapat garis hitam di sekitar mulut. 

3. Temukan Nude Lipstick yang Paling Cocok Untukmu