Ingin Beli Alas Bedak di Toko Online, Tapi Takut Salah!

Ingin Beli Alas Bedak di Toko Online, Tapi Takut Salah!
ISTOCK

Ikuti saran ahli kulit ini.

Tidak semua orang memiliki waktu dan tenaga untuk mengelilingi Sephora setiap kali kita membutuhkan lipstik baru. Untungnya, kemajuan teknologi memungkinkan kita memilikinya dengan hanya mengklik, klik, dan klik. Alias belanja online. (Urusan pengiriman tepat waktu atau molor, kita hanya bisa berharap yang terbaik.)

Itu sisi positifnya. Sisi gelapnya adalah bagaimana kita tahu bahwa sebuah produk kecantikan cocok dan aman bagi kulit? Apakah review atau rating bisa diandalkan? Produk yang dibeli banyak orang tidak mungkin jelek-jelek banget, kan ya? Iya, kan? Sayangnya hal ini sering terjadi. Dan tidak perlu rendah diri dan merasa seperti ditipu, karena sebuah penelitian baru yang diterbitkan di Psychological Sciencemenegaskan bahwa ini adalah kelemahan utama manusia: kita lebih mudah terpengaruh pada berapa banyak orang membeli produk tersebut dibandingkan seberapa bergunanya produk tersebut. 

Balik lagi ke pertanyaan tadi: bagaimana caranya membeli alas bedak, misalnya, dengan aman secara online—memperhatikan rating tapi tidak menjadikan itu satu-satunya pertimbangan?

“Saat membeli makeup tentunya harus mengetahui dulu jenis tipe kulit,” kata dr. Gita Gantieka Andjani, MD., dari Surface Skin Habit Jakarta. Menurutnya, seperti saat membeli foundation, harus tahu terlebih dahulu:

  • Pertama, harus tahu dulu jenis kulit kita itu seperti apa. Apakah berminyak, kering, normal, atau malah sedang berjerawat. "Karena setiap orang tentu berbeda. Jadi belum tentu yang dipakai kamu, sama dengan yang dipakai orang lain."
  • Kedua, perhatikan ingredients atau kandungan yang terdapat pada foundation tersebut.

Setelah mengetahui jenis kulit, maka tahap selanjutnya adalah memilih alas bedak yang tepat. Gita menyarankan tips sederhana ini: 

  • Untuk kulit yang berminyak dan berjerawat, pilihlah foundation water based, yang mengandung oil free, non comedogenik.
  • Jika kulitmu cenderung kering, kamu bisa memilih foundation yang terdapat moisturaising agent di dalamnya.

"Sebenarnya, secara umum untuk kulit jenis apapun pilihlah makeup yang free alcohol, free paraben, free fragrance atau parfume, free artificial dyes atau pewarna kimia, free pthalates, free silicion, dan free talc," ujarnya. 

Sebuah artikel di Byrdie.com, memberikan panduan pintar membeli alas bedak secara online

1. Temukan formulamu. Warna kulit dan tipe kulit. Warna kulit akan menentukan warna alas bedak yang kamu beli. Salah satu cara menentukan warna yang pas untukmu adalah dengan mencocokkannya dengan warna lehermu. Jika wajahmu lebih gelap daripada leher dan yang kamu beli sesuai dengan warna wajah, kemungkinan besar alas bedak tersebut akan terlihat seperti masker. Begitu pula sebaliknya. 

2. Tentukan tekstur. Apakah kamu ingin membeli compact foundation, cream foundation, tinted moisturizer, atau highlighting stick, dan masih banyak lainnya.

3. Cari yang terbaik. Di sini rating dan review bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih brand dan kelebihan. 

4. Hati-hati dalam memilih warna. Pasalnya, label (misalnya) "beige" pada produk A, belum tentu sama dengan "beige" pada produk B. Warna keduanya bisa sangat berbeda, meskipun labelnya sama.

5. Jawab kuis. Terkadang beberapa merek memberikan kuis online untuk menentukan warna alas bedak yang tepat untukmu. Tidak ada salahnya memberikan waktu lima menit agar tidak salah beli!  

Loading Facebook Comment ...