Jika Bingung Pilih Cat Rumah, Coba Pertimbangkan Berdasarkan Efeknya pada Hati

Jika Bingung Pilih Cat Rumah, Coba Pertimbangkan Berdasarkan Efeknya pada Hati
ISTOCK

Merah ternyata bisa menstimulasi selera makan. 

Pimrose yellow atau milennial pink ya, yang lebih cocok untuk kamar tidur? Dua warna tersebut memang sedang tren di tahun 2017. Namun, menilik, menimbang, dan memperhatikan fungsi sebuah ruangan (entah itu kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu/ makan), keputusan cat warna seharusnya tidak melulu berdasarkan Pantone colorsMalcolm Walker, direktur produk di Furniture Village, membagikan pandangannya kepada elledecortentang bagaimana pemilihan warna sebuah ruangan bisa mempengaruhi suasana hati—positif atau malah negatif, bisa nyenyak tidur atau melek sepanjang malam.

KUNING

Sering diasosiasikan dengan rasa bahagia, membuat suasana hati baik, sehingga dianggap cocok untuk ruang tengah dan dapur. Akan tetapi, jika digunakan terlalu berlebihan efek yang terjadi adalah sebaliknya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan efek maksimal, selalu sandingkan dengan warna putih.

BIRU

Sama seperti rasa yang kita alami setiap kali menatapi birunya langit dan laut, warna ini menimbulkan rasa tenang dan nyaman (khususnya biru muda), terutama di kamar mandi dan kamar tidur. Selain itu, karena diasosiasikan dengan intelegensia dan produktivitas, warna ini cocok sekali untuk kantor rumah.

HIJAU

Hijau = alam = efek tenang dan segar = cocok untuk cat warna hampir di semua ruangan utama, termasuk kamar tidur. Jangan lupa, tambahkan tanaman hijau untuk atmosfer ekstra tenang.

PINK

Warna ini menghembuskan nuansa tenang sekaligus memiliki level estetika yang tinggi. Dari sebuah studi tahun 60an, ditemukan dengan memelototi nuansa pink, bernama Baker-Miller pink, setelah berolahraga, ternyata bisa merendahkan detak jantung, denyut nadi, dan pernafasan lebih signifikan dibandingkan warna lain.

MERAH