Kata Dermatolog Ini: 'Tidak Semua Produk Bayi Cukup Kuat untuk Mengatasi Permasalahan Kulit Dewasa'

Kata Dermatolog Ini: Tidak Semua Produk Bayi Cukup Kuat untuk Mengatasi Permasalahan Kulit Dewasa
ISTOCK

Informasi super penting.

Mengapa kamu lebih memilih memakai produk-produk bayi? Sampo, cairan pembersih kulit—apakah karena ingin memiliki kulit seperti pantas bayi, plus menggemaskan? Padahal jika dipikir-pikir bagaimana mungkin formulanya tepat untuk seseorang yang hmm... beda usianya terpaut puluhan tahun dan beda generasi. Namun, tidak sedikit orang yang memilih melakukannya. Mengapa orang-orang dewasa memakainya? Penasaran setengah mati, Woop memutuskan bertanya kepada seorang dermatolog dari Elsheskin Clinic, Yogyakarta, dr. Listya Paramita, Sp.KK.

“Sebenarnya kondisi ini muncul akibat adanya anggapan bahwa komposisi produk bayi terbuat dari formula yang lebih ringan. Hal ini kemudian menimbulkan opini di masyarakat, bahwa produk bayi lebih baik dari produk dewasa yang biasa,” ujar Listya. 

Namun, apakah opini dan anggapan ini benar dan dianjurkan?

“Pada sebagian pasien yang mengalami kondisi kulit sensitif, kulit yang kering atau kondisi kulit yang mudah gatal, terkadang disarankan untuk memakai produk bayi, misalnya sabun bayi, untuk mandi sehari-hari. Hal ini disebabkan karena sabun bayi memiliki kandungan pelembab/moisturizer yang lebih tinggi dibanding sabun biasa,” jawabnya. Akan tetapi... "tidak semua produk bayi dapat digunakan pada orang dewasa. Karena bagaimanapun jenis kulit bayi dan kulit dewasa sangat berbeda. Kulit bayi tidak mengalami ‘kerusakan’ yang dialami oleh kulit dewasa, belum terkena paparan polusi, sinar matahari yang berlebihan atau pun stres. Sehingga kulit dewasa memerlukan produk yang lebih kuat daripada produk yang dipakai untuk kulit bayi.”

Aha! Jadi, ternyata tidak semua orang bisa menggunakan produk perawatan bayi. Lalu, apa yang membedakannya dengan produk kecantikan dewasa? "Biasanya produk bayi dibuat dengan kandungan moisturizer yang tinggi, dan hipo-allergenic, sehingga diharapkan tidak menimbulkan iriasi pada kulit bayi," terangnya. 

Mempertimbangkan semua hal tersebut, sebenarnya mana yang lebih dianjurkan untuk orang dewasa: produk bayi atau sesuia dengan umur masing? 

“Menurut saya, tidak bisa dibandingkan head to head seperti itu, karena peruntukkannya juga berbeda. Produk bayi ditujukan untuk kulit bayi, dan secara formulasi juga dibuat dengan komposisi yang ringan, banyak pelembab dan banyak minyak. Sementara produk kecantikan dewasa biasanya variasinya cukup banyak dengan komposisi yang beragam, disesuaikan dengan jenis kulit nya, produk untuk kulit normal, kering, berminyak tentu akan berbeda,” ujar Listya. 

“Secara umum produk bayi adalah produk yang sangat aman digunakan, karena memang ditujukan untuk merawat kulit yang ‘baru’. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua produk bayi cukup ‘kuat’ untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada kulit dewasa. Konsultasikan pada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemilihan produk yang tepat sesuai dengan kondisi tertentu yang kamu hadapi,” sarannya.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com