Mau Punya Kuku Sehat? Lakukan 4 Tips Ini

Mau Punya Kuku Sehat? Lakukan 4 Tips Ini
ISTOCK
Mau Punya Kuku Sehat? Lakukan 4 Tips Ini

Merawat kuku itu penting. Maka dari itu, cobalah untuk menerapkan 4 tips ini agar kuku-mu selalu sehat.

Selain rambut, kuku juga menjadi bagian tubuh yang harus dirawat dan dijaga kesehatannya. Namun banyak dari kita yang sering melupakannya. Padahal kuku mempunyai fungsi yang penting, seperti kuku dapat melindungi ujung jari yang merupakan tempat berkumpulnya syaraf terpenting dalam tubuh. Selain itu, untuk kamu yang hobi menggunakan kuteks, pastikan kuku-mu mendapatkan perawatan yang benar. Sehingga tidak membuat kuku-mu rusak, rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan. Berikut tips yang sudah Woop siapkan untuk membuat kuku-mu sehat secara alami.

Jangan Lupa Gunakan Sarung Tangan

img

Berbagai masalah yang timbul pada kuku biasanya berawal dari kuman dan bakteri. Untuk itu, jangan lupa untuk memastikan tidak ada ruang bagi sumber penyakit yang masuk dan berkembang biak. Misalnya, paling sering bakteri dan kuman masuk saat kamu mencuci piring. Nah, cara terbaik untuk melindungi kuku dari sabun dan air (cucian piring) adalah dengan menggunakan sarung tangan.

Jaga Kebersihan Kuku

img

Yep, satu pesan Woop: selalu untuk membersihkan kuku secara teratur. Pastikan juga semua alat yang kamu gunakan untuk merawat kuku dicuci dengan bersih secara berkala. Jika kamu memiliki kuku panjang, berikan waktu ekstra untuk membersihkannya. Hal ini demi menghindari penumpukan kotoran yang menumpuk dibagian bawah kuku. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kebersihan kuku adalah dengan menggunakan tea tree oil, yang berfungsi untuk menghilangkan jamur penyebab bakteri.

Pilih Bahan Kuteks yang Aman

img

Siapa yang suka menggunakan kuteks? Perlu diketahui bahwa tidak semua kuteks itu aman digunakan. Jadi, jangan lupa untuk memastikan kuteks yang kamu pakai terbuat dari bahan yang aman. Pilihlah bahan yang banyak mengandung air. Karena memakai cat kuku yang salah tidak hanya dapat merusak kuku saja, tapi juga bisa membahayakan kesehatanmu.

Rawat Kuku dari Dalam

img

Tidak hanya menjaga kebersihannya saja, kuku juga harus dirawat dari dalam. Tapi ternyata kesehatan kuku juga sangat bergantung pada makanan yang dikonsumsi. Saat kamu jarang mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin dan mineral (di mana kedua kandungan gizi tersebut diperlukan kuku), hal itu akan membuat kuku mudah patah, mudah rusak, tidak mengkilap, kurang putih dan rentan terkena penyakit. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, vitamin D, vitamin E, zat besi, protein, dan magnesium, seperti kacang-kacangan, susu, dan sayuran hijau.

Selanjutnya: selain susu, 4 bahan ini bisa kamu jadikan makeup remover.