Minum Banyak Air Putih Bisa Bikin Kamu Gemuk, Benarkah?

Minum Banyak Air Putih Bisa Bikin Kamu Gemuk, Benarkah?
iStock
Minum Banyak Air Putih Bisa Bikin Kamu Gemuk, Benarkah?

Kamu selalu disarankan untuk minum ekstra air putih tapi ada yang bilang bisa bikin gemuk. Benarkah?

Berapa liter air putih yang kamu minum setiap hari? Coba hitung dan pikirkan. Memang kita semua tahu betapa pentingnya air bagi kehidupan manusia. Ini adalah kebutuhan dasar kehidupan dan itu sebabnya sangat penting untuk menjaga dirimu tetap terhidrasi agar selalu sehat. Bahkan ketika sedang menjalani diet penurunan berat badan, sangat penting untuk minum banyak air. 

Air tidak hanya mengangkut nutrisi dan oksigen ke berbagai bagian tubuh tapi juga meningkatkan energi saat melakukan aktivitas. Namun kalau kamu terlalu banyak mengonsumsinya dapat menjadi boomerang dan menghambat rencana penurunan berat badanmu. Jadi benar ya kalau kebanyakan air putih bisa buat kamu gemuk? Ya, itu benar…

img

Kenapa demikian? 

Pertama, retensi air dalam tubuh.

Kalau kamu memperhatikan, lemak ekstra dalam tubuh sebagian berat adalah air. Jika kamu mengonsumsi air berlebih dalam sehari—alih-alih meminumnya sepanjang hari—ginjalmu tidak akan mampu menampungnya.

Ginjal tidak bisa menghilangkan kelebihan air dari tubuh. Asupan cairan yang berlebihan bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Selain itu, jika diet yang sedang kamu jalani tinggi natrium dan rendah kalium, peluang untuk mempertahankan air meningkat sehingga menambah berat badanmu.

Kedua, terkena polutan air.

Maksudnya? Jadi, jika air yang kamu konsumsi tidak ‘disterilisasi’ maka mungkin terkena polutan. Sesuai penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ‘Obesity’ pada 2010, beberapa polutan organik yang persisten dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Asupan air berlebih juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang disebut hyponatremia. Kondisi ini terjadi ketika seseorang minum banyak air dalam waktu singkat. Hyponatremia menyebabkan darah dan elektrolit menjadi encer yang dapat menyebabkan mual, muntah, kebingungan, serta pembengkakan otak.

Sebaiknya, berapa banyak air yang harus kamu konsumsi dalam sehari?

Tidak ada jumlah air tetap yang harus diminum seseorang dalam sehari. Kuantitasnya tergantung pada berbagai faktor seperti berat, aktivitas, dan lingkungan. Berdasarkan sains, perempuan disarankan mengonsumsi setidaknya 3 liter air setiap hari dan pria 3,5 liter air per hari.

Bagaimana denganmu?

Selanjutnya: perempuan, perhatikan empat hal ini ya kalau mau tidurmu berkualitas dan nyaman tentunya.