Bagaimana Bisa Jatuh Cinta dengan Pekerjaan Sekarang?

Bagaimana Bisa Jatuh Cinta dengan Pekerjaan Sekarang?
SHUTTERSTOCK
Bagaimana Bisa Jatuh Cinta dengan Pekerjaan Sekarang?

Tetap bertahan dengan ‘cinta lama’ atau sudah saatnya mencari yang baru? Jawabannya ada di sini.

Yep, namanya hidup selalu saja ada masalah dan beban yang harus dihadapi. Apalagi dalam urusan pekerjaan. Kamu pun akan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja selama kariermu.

Pekerjaan menjadi hubungan yang sangat penting--kamu akan menghabiskan banyak waktu dengannya, topiknya akan banyak muncul dalam percakapan dengan teman dan keluarga. Dan pasti, akan banyak kegembiraan ataupun ketidaksenangan yang akan muncul dalam sebuah obrolan. 

Seperti hubungan yang sehat, kedua belah pihak harus berupaya untuk membuat hubungan berjalan dengan baik. Jika kamu kehilangan rasa 'cinta' pada pekerjaan, ada cara untuk menghidupkan kembali perasaan itu.

  • Kembali ke Awal
istock
istock

Apa yang kamu sukai tentang pekerjaan? Mulailah dengan menulis daftar semua aspek positif dari perananmu dalam pekerjaan saat ini. If you really can’t come up with anything, you might have your answer, tapi mudah-mudahan setidaknya ada beberapa hal yang kamu syukuri dan yang membuatmu bahagia.

Baca: Bagaimana Bisa 'Mencintai' Pekerjaan tapi Tidak Passion?

  • Give and take
5 Karakteristik Orang yang akan Kamu Temui di Tempat Kerja - 0
5 Karakteristik Orang yang akan Kamu Temui di Tempat Kerja - 0

Untuk hubungan agar berhasil, kedua belah pihak harus menerapkan prinsip give and take. Jika tempat kerjamu tidak memberikan banyak jalan untuk imbalan atas kerja keras, bisa jadi ini saatnya yang tepat mempertimbangkan: tinggal atau mencari tempat lain yang akan lebih menghargai kamu dan segala usahamu. Hal yang sebaliknya berlaku juga. Jika kamu telah berhenti memberikan upaya terbaik dalam pekerjaan, try to up your game!

  • Komunikasi adalah kunci
Riset: Kehilangan Pekerjaan Lebih Sakit daripada Bercerai - 1
Riset: Kehilangan Pekerjaan Lebih Sakit daripada Bercerai - 1

Kalau kamu nggak bicara dengan pasangan tentang perasaan buruk yang sedang melanda, bagaimana mereka dapat mencoba dan mengubah keadaan menjadi lebih baik? Hal yang sama berlaku untuk situasi di kantor. Jika kamu tidak berkomunikasi dengan atasan tentang hal-hal yang mengganggu, kamu tidak memberi mereka kesempatan untuk membantu mengatasi masalah yang ada. Bicaralah dengan jujur, positif dan konstruktif. Sediakan solusi yang mungkin dikerjakan, dan lihat apakah kamu dapat mencapai kompromi. If you don’t try, you’ll never know.

  • Spice things up!
ISTIMEWA
ISTIMEWA

Jika mulai merasa bosan dengan pasangan, mencoba sesuatu yang baru bersama-sama dapat menjadi cara yang bagus untuk keluar dari jebakan rutinitas. Hal yang sama berlaku untuk pekerjaan jika tugas-tugas harian tidak lagi menarik hati; bicarakanlah dengan atasan tentang pilihan-pilihanmu. Mungkin kamu mendelegasikan beberapa hal untuk anggota staf lain, mungkin ada proyek baru yang menarik untuk kamu kerjakan. Apa pun itu, miliki sesuatu yang baru yang mungkin dapat membangkitkan kembali kecintaanmu pada kerjaan.

  • Liburan!
ISTOCK
ISTOCK

Kadang-kadang, meskipun sedang bermasalah, kamu kan, tidak lantas ingin putus dengan pasangan--hanya perlu waktu istirahat dari mereka untuk sementara. Hal yang sama juga berlaku di tempat kerja. Kita begitu terjebak dengan hal-hal yang sangat memakan waktu, dan lupa untuk memberi waktu untuk diri sendiri. Akhirnya, mulai muncul rasa tak senang pada tempat kerja. Coba jadwalkan liburan singkat di masa cuti atau long weekend, dan lihat bagaimana sedikit time-out mempengaruhi perasaanmu pada pekerjaan.

  • Ngobrol dengan orang kepercayaanmu
Alasan Milenial Sering Berpindah-pindah Kerja - 2
Alasan Milenial Sering Berpindah-pindah Kerja - 2

Sama seperti kamu mungkin ingin curhat dengan teman tentang masalah apapun, sebaiknya kamu pun memiliki orang kepercayaan untuk membicarakan karir. Bisa teman dekat ataupun mentor; mereka dapat menawarkan nasihat karir, perspektif yang berbeda dan mungkin bahkan beberapa strategi untuk mengatasi masalahmu di kantor.

Selanjutnya: Sedang memiliki masalah pada kulitmu? Coba gunakan empat bahan alami ini.