Ketahui Contoh Surat Lamaran Kerja Dengan Teknik Yang Benar, Bonus Tips dan Formatnya!

Ketahui Contoh Surat Lamaran Kerja Dengan Teknik Yang Benar
Contoh Surat Lamaran Kerja

Bila kamu masih bingung bagaimana teknik membuat CV yang baik dan benar. Berikut Woop jelaskan contohnya!

Jaman sekarang persaingan untuk melamar kerja sangat ketat. Oleh karena itu selain nilai ijazah, kamu harus menulis surat lamaran dengan baik dan benar serta jangan lupa melampirkan syarat-syarat yang diminta. Surat lamaran kerja yang menarik akan mendapatkan peluang yang lebh besar untuk mendapatkan perhatian bagi para pimpinan perusahaan pencari kerja, karena ada perusahaan yang menilai bukan dari skill saja melainkan juga dari attitude yang kamu miliki dan terlihat bagus di surat lamaran kamu.

Berikut Woop memberikan tips dan format surat lamaran kerja terlebih dahulu sebelum lanjut ke contoh surat lamaran kerja. Keep on scrolling!

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja - Tips Membuat Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja - Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Format penulisan tersusun rapi dan dengan Bahasa yang enggak bertele-tele 2. Menggunakan Bahasa yang baik dan benar 3. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan yang kalian lamar kerja 4. Ditulis dan dibuat dengan diri kamu sendiri, bukan orang lain. Agar saat di interview kamu enggak bingung saat ditanya-tanya soal penjelasan di surat lamaran kerja kamu. 5. Lengkapi juga dengan surat pendukung seperti sertifikat pengalaman kerja.

Format Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja - Format Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja - Format Surat Lamaran Kerja

1. Tempat dan tanggal penulisan 2. Perusahaan yang dituju 3. Salam hormat 4. Kata pengantar 5. Biodata pribadi 6. Pengalaman kerja dan skill (hard skill, soft skill) 7. Penutup

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh 1

Kepada Yth.

HRD WOOP ID Jln. Tebet Barat No.23

Dengan hormat,

Seperti halnya dengan informasi yang ada pada lowongan kerja di WOOP ID.  Berikut data singkat saya:

Nama : Suvelianty Tempat/Tanggal Lahir : Medan, 6 Desember 1998 Alamat : Jl. Rawa Belong No.4 No. Hand phone : 0812 1111 111 Pendidikan Terakhir : Strata satu

Saya memiliki keinginan untuk mengajukan permohonan pada posisi Content Writer. Dan saya melampirkan beberapa berkas untuk bahan pertimbangan.

1. Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )

2. Foto copy Transkrip Nilai

3. Foto copy ijazah S-1

4. Foto copy KTP

5. Pass foto 4 x 6 terbaru

Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini, saya sangat berharap untuk bisa bekerja dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya berjanji akan bekerja dengan sebaik mungkin seperti apa yang diharapkan oleh WOOP ID.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

( Suvelianty )

Baca juga: Jika Kamu ingin Dipanggil Wawancara Kerja, Hapus 6 Hal ini dari CV-mu

Contoh 2

Jakarta, 10 Januari 2020

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth, HRD WOOP ID Jl. Tebet Barat No.23 Jakarta Selatan

Dengan Hormat, Sesuai dengan pembukaan lowongan pekerjaan dari WOOP ID, saya sangat berminat pada kesempatan yang ditawarkan. Untuk itu, saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung menjadi Content Writer di perusahaan ini. Mengenai diri saya dapat saya jelaskan sebagai berikut:

Nama: Suvelianty Tempat/tgl Lahir: Medan, 6 Desember 1998 Pendidikkan Terakhir: Sarjana Ilmu komunikasi – (Universitas Bina Nusantara) Jurusan Ilmu Komunikasi – Digital Journalism. IPK 3,62 Alamat Rumah: Jln Rawa Belong No.4 Nomor Telepon: (Mobile) 0812 1111 11

Saya memiliki dedikasi dan motivasi yang tinggi, tanggung jawab, kerja keras, teliti dan disiplin dalam bekerja. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan  komunikasi yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan computer, terutama mengoperasikan aplikasi Microsoft Office.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan dokumen pendukung, antara lain: Curiculum Vitae Ijasah (fotocopi) Transkrip Nilai (fotokopi) Kartu Tanda Penduduk (fotokopi) Foto Terbaru

Saya berharap dapat diberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya terhadap pekerjaan. Demikian yang saya sampaikan. Terima kasih atas segala perhatiannya.

Hormat Saya (Suvelianty)

Itulah beberapa tips, format dan contoh lamaran kerja yang bisa kamu jadikan acuan. Hal yang perlu kamu ingat adalah surat lamaran yang menarik selain sesuai ketentuan, akan menjadi pilihan yang banyak dipilih. Sekarang ini teknologi sudah semakin canggih, kamu bisa mendesainnya menggunakan layout ataupun desain khusus. Semoga bermanfaat, Woop Ladies!

Selanjutnya: Terlalu fokus mendengarkan lagu bisa merenggut nyawa pejalan kaki. Mencegah hal tersebut, teknologi headphone pintar tengah diciptakan.

Loading Facebook Comment ...