Dunia Merayakan Hari Lebaran

Dunia Merayakan Hari Lebaran
ISTOCK

#SelamatHariLebaran. #WorldCelebratesEid.

Di Indonesia, setelah menunaikan ibadah sholat Ied, biasanya tradisi berikutnya yang terjadi adalah berkumpul bersama keluarga dan menikmati ketupat. Bagaimana dengan negara lain? Coba lihat di sini:

AFGANISTAN

Sebelum pergi ke mesjid, pada hari Lebaran, orang-orang Afgan akan mengenakan baju baru dan membawa sesuatu untuk dimakan. Di dalam mesjid akan saling memberikan ucapan Lebaran. Setelah berdoa, mereka akan bertamu ke rumah keluarga dan dihidangkan buah-buahan kering/ segar dan manisan dan green/ black tea

Selain itu, ada perayaan yang unik dilakukan sebagai bentuk perayaan Lebaran: perang telur atau diberi nama Tokhme-Jangi. Para pria akan berkumpul di ruang terbuka dengan telur rebus matang, dan mencoba untuk memecahkan telur rebus lawannya. 

CINA

Yuan, sebuah provinsi di Cina, memiliki jumlah populasi Muslim yang tinggi dan negara ini sendiri menetapkan 2-3 hari libur umum untuk merayakan Idul Fitri. Setelah sembahyang pagi, orang Cina muslim akan berdoa di makam Sayyid Ajjal dan mempersembahkan makanan untuk leluhur mereka. Di tempat tersebut, kisah hidup Sayyid akan dinarasikan dalam bentuk cerita. Doa-doa juga diucapkan untuk penduduk Muslim yang meninggal saat Cultural Revolution. 

INDIA

Setelah sembahyang di mesjid, komunitas Muslim akan mengucapkan "Eid Mubarak" kepada satu sama lain, plus pelukan. Sheer, sebuah makanan manis, merupakan bagian penting dari Lebaran di negara ini dan akan dibagikan kepada semua orang. Termasuk, kepada kaum komunitas non-Muslim yang menunggu selama satu tahun untuk bisa menikmati makanan tersebut. 

Satu lagi, sebuah film berjudul Bhai (yang dibintangi Salman Khan) merupakan tontonan wajib saat Lebaran. Dan meski bukan film baru, bioskop akan tetap memutarnya. 

PALESTINA