Jika Kamu Ingin Lebih Kreatif, Empatis, dan SuksesLakukan Ini

Jika Kamu Ingin Lebih Kreatif, Empatis, dan SuksesLakukan Ini
ISTOCK

Baca, baca, baca.

Membaca itu bagus untukmu—bukan, bukan membaca status atau komentar orang di media sosial. Ini kebiasaan membaca buku, alias membaca sesuatu yang melebihi 280 karakter (Twitter) atau 2.200 karakter (Instagram). Mengapa? Baru-baru ini Inc. menuliskan beberapa sisi positif yang bisa kamu dapatkan saat membaca buku.

1. Membaca Buku ⇒ Umur Lebih Panjang

Sebuah penelitian yang diadakan oleh Yale dan melibatkan hampir empat ribu orang berusia lebih tua dari 50 menemukan bahwa kebiasaan ini membuat kemampuanmu kognitifmu lebih hebat, termasuk dalam hal penambahan kosakata, kemampuan berpikir dan konsentrasi—juga meningkatkan empati, persepsi sosial dan intelegensia emosional—yang pada akhirnya membuat orang hidup lebih lama. Oh, dan menurut data, para partisipan ini memiliki kebiasaan membaca buku 30 menit setiap hari dan hidup 23 bulan lebih lama daripada mereka yang tidak membaca atau pembaca majalah. 

2. Membaca Fiksi ⇒ Lebih Kreatif 

Mereka yang membaca fiksi dinilai lebih kreatif dan berpikiran terbuka dibandingkan para pembaca esai atau non-fiksi. Bukan berarti membaca non-fiksi tidak penting karena pasti kita belajar sesuatu dari jenis buku tersebut. Akan tetapi mempelajari dan memiliki pengetahuan super duper luas tentang sesuatu, tidak menjamin seseorang melakukannya. 

3. Pembaca Buku = Biasanya Orang Sukses

Penyebabnya? Orang-orang yang berprestasi cenderung ingin selalu meningkatkan kualitas diri mereka. 

4. Membaca 50 Buku Setahun? Sangat Mungkin 

Percaya atau tidak, satu buku satu minggu itu sangat mungkin—bahkan untuk orang yang paling sibuk sekalipun. Caranya: alokasikan waktu yang selama ini digunakan untuk tenggelam di media sosial menjadi waktu untuk membaca buku; atau saat dalam perjalanan ke dan pulang kantor, selama istirahat makan siang dan sembari menunggu di barisan antrian. Hasilnya? Kamu akan lebih tenang, puas, tidur lebih nyenyak dan belajar lebih banyak. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com