Kisah Zhou Qunfei, Dulu Miskin Kini Jadi Perempuan Terkaya Dunia

Kisah Zhou Qunfei, Dulu Miskin Kini Jadi Perempuan Terkaya Dunia
Istimewa

Tahukah kamu kisah sukses Zhou Qunfei yang dulu miskini kini jadi crazy rich? Simak kisahnya di sini.

Zhou Qunfei menjadi perempuan terkaya di dunia versi Forbes pada 2018. Ia sukses menjadi perempuan terkaya setelah membangun perusahaan manufaktur sekelas Tesla, Apple, dan Samsung, bernama Lens Technology.

Kekayaannya bersihnya kini sekitar US$9,3 miliar (Rp134 triliun). Siapa sangka kalau Zhou Qunfei dulunya miskin?

img

Yap, Zhou Qunfei pernah hidup miskin ketika kecil. Orangtuanya bukanlah seorang pengusaha. Sang ayah hanya seorang pengrajin buta. Bahkan ibunya meninggal dunia ketika Zhou Qunfei berusia lima tahun. 

Tidak sampai di situ, perempuan 48 tahun ini pernah putus sekolah ketika masih 16 tahun karena harus bekerja. Zhou Qunfei pertama bekerja di pabrik lensa. Saat bekerja, ia pun bertekad ingin membangun usaha sendiri.

Zhou Qunfei berhasil mengumpulkan uang sekitar Rp35 juta sebagai modal pertamanya pada 1993. Kemudian perempuan asal China ini membangun sebuah workshop lensa jam tangan keluarga. Dalam satu dekade, ia mampu membangun pabrik lensa sendiri. Karyawan Zhou Qunfei sudah ribuan dan diklaim lebih dari 82 ribu pada 2015.

Untuk bisa sukses, Zhou Qunfei berpesan kalau kamu mau sukses kunci utamanya adalah tekun, sabar, dan mampu bertahan saat ‘bada’ menerpa. 

“Kunci agar lepas dari masalah adalah bagaimana kita bisa bertahan saat ada masalah. Ketika kita menyerah di tengah jalan, kita tak akan memiliki keberanian untuk kembali dan memulai dari bawah lagi. Hanya ketika kita bertahan, kita akan berhasil. Jangan menyerah karena masalah," papar Zhou.

Perusahaan Zhou Qunfei sudah berkembang secara global. Kini ia hanya tinggal menikmati hasil jerih payahnya. 

Selanjutnya: bagaimana cara menyeimbangkan karier dan percintaan? Baca di sini artikel selengkapnya.

Loading Facebook Comment ...