Tuesday, 21 May 2019

Perusahaan Milenial Butuh Intrapreneur, Apa Kamu Termasuk?

img detail
iStock

Apa itu intrapreneur? Woop akan memberitahumu…

Apakah kamu pernah mendengar tentang intrapreneur? Jika jawabannya tidak maka kamu wajib membaca artikel ini sampai habis. Asal kamu tahu, intrapreneur adalah karyawan yang memiliki pola pikir dan semangat wirausaha di dalam sebuah perusahaan. Masih bingung? Woop mencoba menjelaskan.

Kenapa perusahaan butuh seorang intrapreneur?

Itu karena perusahaan saat ini ingin mempekerjakan karyawan proaktif yang bisa mengambil alih pekerjaan bos. Para intrapreneur akan bekerja seolah-olah itu merupakan perusahaan mereka sendiri.

Seorang intrapreneur merupakan sosok yang bersemangat, bersikap terbuka, bekerja keras menyelesaikan pekerjaan, dan inovatif saat menyelesaikan masalah. Tidak seperti karyawan tradisional, intrapreneur berpikir dan bertindak seperti pengusaha. Berikut karakteristik yang dimiliki seorang intrapreneur.

  • Selalu Berinovasi dan Mandiri

Intrapreneur tidak hanya bekerja menyelesaikan pekerjaan utama tapi juga mencari cara untuk berinovasi dan meningkatkan efisiensi perusahaan. Intrapreneur merupakan seorang pemula yang tidak perlu termotivasi setiap hari untuk melakukan hal lebih baik. Mereka memang sudah memiliki visi dan misi yang jelas, telah ditentukan dalam pikiran dan tidak perlu diinstruksikan setiap hari.

  • Bisa Diandalkan Dalam Tim

Intrapreneur merupakan pemain inti hebat yang selalu bisa diandalakn bagi semua anggota tim. Intrapreneur memiliki rasa percaya diri dan punya motivasi tinggi tapi mereka tidak memiliki sikap sok tahu segalanya. Mereka memang sering membuat kesalahan namun tidak terjebak dalam kegagalan.

  • Pemecah Masalah

Yang paling penting, intrapreneur tidak membahas tentang masalah mereka tapi berusaha menemukan solusi yang mungkin dilakukan. Mereka melihat setiap masalah sebagai kesempatan untuk bertukar pikiran, menemukan solusi, dan meningkatkan pengetahuan dasarnya. Mereka berani mengambil risiko dan tidak pernah meremehkan potensi dalam dirinya.

Bagaimana kamu bisa menjadi seorang intrapreneur?

Jika kamu ingin naik puncak karier, kamu harus memiliki sifat seorang intrapreneur. Jangan hanya fokus menyelesaikan pekerjaan untuk hari itu dan bergegas keluar kantor. Sebaliknya, miliki tujuan jangka pendek dan fokus mempelajari sesuatu yang baru setiap hari. Ketahui batas-batasmu dan selesaikan tanggung jawabmu di kantor. Kamu harus punya pendekatan berorientasi solusi. Ketika hal itu terjadi, kamu akan menjadi ‘bintang’, karyawan intrapreneur dari timmu.

Jadi, apa kamu termasuk karyawan intrapreneur?

 

Selanjutnya: sering pikun? Coba lakukan hal ini agar tidak melulu demensia…


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR