Thursday, 13 June 2019

Saran Buat Para Bos—Sikap Bijak Agar Karyawan Lebih Kreatif

img detail
iStock

Kamu seorang atasan atau bahkan bos langsung di perusahaan? Ini sikap bijak yang perlu diteladani agar lebih sukses.

Sikap seperti apa yang dimaksud? Ini bagaimana kamu sebagai seorang pemimpin bisa menanggapi ide karyawannya dengan baik. Responmu terhadap karyawan yang secara terbuka memberikan berbagai gagasan bisa memengaruhi kinerja pekerja tersebut.

Seperti yang diungkap dalam penelitian. Sebuah studi terbaru menjelaskan bagaimana para pemimpin menggunakan bahasa yang bijak untuk mendorong karyawan menemukan lebih banyak ide di masa depan (walaupun ide mereka tidak diterapkan).

Penelitian mengungkap, banyak orang berbicara di tempat kerja hanya untuk menuangkan ide-ide mereka walaupun akhirnya ditolak oleh manager. Meski demikian, karyawan terus menggali idenya yang lain namun hanya ketika bos mereka merespon dengan benar.

"Mengingat bahwa banyak ide karyawan untuk perubahan tidak dapat didukung, hasil kami menyoroti pentingnya praktis memberikan penjelasan sensitif mengapa saran mereka tidak dapat diterima. Secara khusus, sangat penting bagi para bos untuk menunjukkan kepedulian dalam berkomunikasi dengan karyawan," kata Danielle King, asisten profesor psikologi dan penulis utama penelitian ini.

Dalam studi kedua melibatkan 223 siswa dan dua survei online selama 30 menit. Dalam studi eksperimental ini, siswa bekerja magang di perusahaan pemasaran yang mengembangkan iklan untuk bisnis.

Studi yang telah diterbitkan dalam Journal of Occupational and Organizational Psychology itu menunjukkan bahwa siswa yang memberikan saran tentang materi pemasaran menerima empat tanggapan. Semua tanggapan atasan tidak setuju dengan saran mereka.

Keempat tanggapan tersebut mencakup serangkaian jawaban, mulai dari menunjukkan kepedulian dan dijelaskan dengan baik hingga tidak peduli dan diberitahukan secara buruk. Para siswa kemudian memiliki kesempatan kedua untuk menawarkan saran tentang materi yang berbeda.

Setelah dilakukan penelitian, para ilmuwan menyimpulkan akan bermanfaat bagi perusahaan untuk menawarkan pelatihan dan pengembangan buat pemimpin (minimal tahap manager) tentang cara mengecewakan karyawan secara lembut sambil mendorong mereka untuk terus berbicara di masa depan. 

Jika dilakukan dengan cara tidak peduli dan tanpa alasan jelas, kinerja karyawan bisa menurun dan tak lagi menggali ide mereka untuk membangun perusahaan. Tentu para bos tak mau kan hal ini terjadi?

 

Selanjutnya: ini manfaat suka berkompetisi di tempat kerja. Kamu tipe yang suka berkompetisi kah? Baca lebih lengkap ulasannya di sini.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR