Jauhi! 5 Makanan Yang Ternyata Dapat Menyebabkan Mata Panda

Jauhi! 5 Makanan Yang Ternyata Dapat Menyebabkan Mata Panda
ISTOCK

Jangan pernah mengonsumsi makanan ini sebelum kamu tidur. Karena akan membuat kantung matamu berukuran dua kali lipat dari mata panda.

WOOP.ID - Ternyata, makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur kita selama ini.

Untuk menghindari hal tersebut, kenali jenis asupan apa saja yang sebaiknya kamu tidak konsumsi, terutma jika kamu sering merasa susah tidur setiap malam.

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Mata Panda

1. Kopi dan Teh

img

Bukan hanya kopi, ternyata teh juga bisa membuatmu sulit tertidur.

Perlu kamu ketahui bahwa kopi dan teh mengandung kafein yang mungkin baik untuk menjadi teman memulai hari, tetapi tidak untuk menutup hari.

Kafein dapat menstimulasi pergerakan saraf sehingga menimbulkan peningkatan energi ekstra.

Plus, pada beberapa orang kafein tidak bisa dicerna secara efisien dan membuat mereka merasakan dampaknya bahkan lebih lama setelah dikonsumsi.

Jika kamu perlu mengonsumsi kafein, pastikan melakukannya minimal 4 jam sebelum waktu tidur.

2. Alkohol

img

Banyak yang mengira bahwa alcohol bisa membuat tidur lebih cepat.

Baca: Inilah 5 Makanan yang Ternyata Bisa Ganggu Waktu Tidurmu

Tapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi alkohol dapat mengganggu tidur dan menyebabkan kamu terbangun di antara jam tidur.

Konsekuesnsi yang akan kamu dapatkan dari mengonsumsi alkohol adalah tidur menjadi tidak berkualitas dan membuatmu merasa kurang beristirahat di pagi hari.

3. Dark chocolate

img

Meskipun dianggap bisa menghilangkan bad mood dan berfungsi sebagai sumber antioksidan yang tinggi, namun dark chocolate ternyata dapat mengandung kadar kafein relative tinggi yang bisa membuatmu melek sepanjang malam.

Selain itu, dark chocolate juga mengandung senyawa teobromin, feniletilamin, dan anadamin yang dapat memacu jantung berdenyut lebih kuat sehingga perlu dihindari sebelum tidur.

4. Makanan berlemak tinggi

img

Jangan pernah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

Baca: Apakah Kurang Tidur Bisa Bisa Sebabkan Gangguan Mental?

Karena jenis makanan ini akan membuat pencernaan bekerja ekstra sebelum tidur.