Review Vitacid - Jangan Asal Pakai Tanpa Resep Dokter!

Review Vitacid - Jangan Asal Pakai Tanpa Resep Dokter!
Vitacid

Dianggap ampuh menyembuhkan jerawat meradang, beberapa hal berikut ini perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan Vitacid!

Rating
  • Packaging
  • Tekstur
  • Formula dan Dosis
  • Kegunaan
  • Efek Samping
  • overall

Vitacid adalah obat untuk menghilangkan jerawat berbentuk salep atau krim dengan kandungan asam retinoat. Salep jerawat ini kabarnya bisa membantu mengurangi pertumbuhan jerawat, meredakan rasa sakit akan peradangan jerawat, dan mempercepat proses pemulihan jerawat yang meradang.

Dengan segudang manfaat yang dimiliki Vitacid, obat ini nggak bisa asal kamu gunakan. Yuk lihat review singkatnya mengenai penggunaan Vitacid untuk wajah.

Review Vitacid untuk jerawat

Packaging

Vitacid
Vitacid

Nggak ada yang spesial dari kemasan Vitacid. Dikemas dalam tube alumunium dengan tutup ulir, Vitacid tampak seperti obat pada umumnya.

Oh ya, saat pertama kali membuka kemasannya, kita harus melubangi alumuniumnya lebih dulu. Agar bisa mengontrol produk saat digunakan, jangan lubangi tutupnya terlalu besar ya, karena isinya bisa meluber jika wadah tertekan.

Packaging

Tekstur

Karena Vitacid merupakan obat, teksturnya pun cukup biasa, yaitu krim berwarna putih pekat dengan konsistensi kental. Aromanya pun kentara sekali meski nggak menyengat, kita masih bisa mencium baunya saat digunakan.

Meski cukup kental, Vitacid akan cepat meresap di kulit dan nggak meninggalkan white cast pada wajah. Perlu diingat juga, untuk menggunakan krim ini secara tipis-tipis untuk menghindari iritasi.

Tekstur

Baca juga: Review Acnes Spot Care - Ampuh Basmi Jerawat Membandel

Formula dan Dosis

Vitacid
Vitacid

Vitacid merupakan salah satu merek salep atau krim penghilang jerawat yang memiliki kandungan tretionin asam retionat (retinoic acid), yang termasuk jenis vitamin A derivatif.

Obat jerawat ini tersedia dalam tiga kemasan sesuai dengan persen (%) kandungan tertinoin, yakni Vitacid 0,05%, Vitacid 0,025% dan Vitacid 0,1% yang dikemas dalam tabung almunium dengan kapasitas 15 gram. 

Pilihan dosis Vitacid bisa digunakan menyesuaikan dengan kondisi jerawat dan kondisi kulit pasien secara keseluruhan. Penggunaan Vitacid dengan konsentrasi tretinoin yang cukup tinggi seperti pada Vitacid krim 0,1% nggak terlalu disarankan untuk pemula. Sebaiknya pilih penggunaan Vitacid mulai dari konsentrasi bahan aktif yang paling ringan lebih dulu.

Formula dan Dosis

Kegunaan

Vitacid
Vitacid

Secara umum, manfaat Vitacid adalah untuk mengatasi jerawat. Namun masalah jerawat pada dasarnya nggak hanya tentang jerawat saja, namun bisa dipicu masalah lain dan bisa juga menjadi pemicu masalah kulit lainnya. 

Jika melihat hal tersebut, Vitacid bisa digunakan untuk mengobati jerawat dengan menurunkan tingkat keparahan jerawat dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Produk tersebut juga bisa menghilangkan komedo pada wajah, meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, Vitacid juga mampu membantu menyamarkan bekas jerawat, hingga memperbaiki tekstur kulit.

Kegunaan

Baca juga: Review ERHA Acne Spot Gel - Basmi Jerawat dengan Cepat!

Efek Samping 

Sebagai obat dengan kandungan tretionin, penggunaan Vitacid pada wajah perlu diperhatikan baik-baik sebab bisa menimbulkan efek samping.

Sensasi hangat atau menyengat dapat terjadi segera setelah menggunakan vitacid. Kulit kemerahan, kekeringan, gatal, terbakar ringan, atau memburuknya jerawat bisa terjadi selama 2-4 minggu pertama menggunakan vitacid.

Bagi kamu pemilik kulit sensitif, efeknya pada wajah bisa menyebabkan kulit memerah yang berlebihan, membengkak, melepuh atau mengeras, apabila timbul efek ini pengobatan harus dihentikan sampai keadaan kulit putih kembali atau diatur dosisnya menjadi lebih rendah.

Efek Samping

Cara Pemakaian

Vitacid digunakan dengan cara dioleskan langsung pada kulit yang bermasalah. Namun sebelumnya, pastikan kamu sudah mencuci tangan dan membersihkan area kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Obat ini biasanya digunakan sekali dalam sehari saat sebelum tidur, atau sesuai dengan petunjuk dari dokter. Hindari penggunaan pada bibir, hidung, mulut, area sekitar mata, serta pada kulit yang terluka atau mengalami eksim.

Pastikan kamu nggak menggunakannya melebihi aturan pakai, karena dapat berisiko membuat kulit kemerahan, sakit, dan terkelupas. Jangan lupa baca panduan obat dan brosur informasi untuk pasien sebelum menggunakan obat ini.

Kesimpulan

Sebagai obat jerawat, Vitacid memang ampuh menghilangkan jerawat dalam waktu yang singkat. Namun, obat ini termasuk keras dan nggak bisa digunakan sembarangan orang. Jika kamu benar-benar membutuhkan Vitacid, sebaiknya konsultasikan lebih dulu pada dokter tentang kondisi kulitmu.

Selain itu, pahami betul kandungan dan reaksinya terhadap obat jenis lain. Karena perlu diingat, Vitacid ini bukan skin care untuk merawat wajah melainkan obat yang bereaksi langsung terhadap jerawat. So, jangan asal gunakan ya ladies!

Selanjutnya: Sulwhasoo Overnight Vitalizing Mask merupakan sleeping mask asal Korea yang menggunakan bahan-bahan alami Korea!

Loading Facebook Comment ...