Derita Kanker Sebelum Meninggal Dunia, Ini Riwayat Sakit Ria Irawan

Kanker Rahim Hingga Otak, Ini Riwayat Penyakit Ria Irawan
Ria Irawan (kapanlagi.com)

Aktris kawakan Indonesia, Ria Irawan dinyatakan meninggal dunia dini hari tadi, setelah berjuang melawan kanker dalam waktu lama.

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan dalam negeri, setelah aktris kawakan Ria Irawan dikabarkan meninggal dunia pada Senin (6/1) pagi di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Telah lama berjuang melawan kanker, kondisi pemeran film Berbagi Suami tersebut sempat dikabarkan membaik dalam beberapa bulan terakhir.

Melansir dari Suara, Ria Irawan kembali menjalani perawatan di rumah sakit sejak Agustus 2019, karena kanker kelenjar getah beningnya kembali tumbuh. Kini, almarhumah disemayamkan di rumah duka yang berlokasi di Jl. Anggrek Lestari, Lebak Bulus, Jakarta.

Sosoknya yang terkenal ceria, tentunya akan selalu diingat oleh banyak orang. Meski begitu dibalik senyumannya, Ria justru berjuang menghadapi rasa sakit selama bertahun-tahun. Melansir beberapa rumber, berikut riwayat penyakit yang diderita Ria sebelum menghembuskan nafas terakhir.

Berawal dari kanker rahim di 2009

Pada tahun 2009, Ria awalnya sempat menghindari operasi pengangkatan rahim setelah mengetahui ada mioma di rahimnya. Namun, hal itu menyebabkan dirinya didiagnosis kanker endometrium atau kanker dinding rahim.

Operasi pengangkatan rahim di 2014

Setelah berjuang lama, Ria akhirnya memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan rahim pada bulan September 2014. Selain melakukan biopsi, dalam operasi itu dokter juga mengangkat indung telur dan rahim Ria Irawan.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Yuk Pahami Perbedaan PCOS dan Kista Ovarium!

Ria Irawan (kompas.com)
Ria Irawan (kompas.com)

Kanker menjalar ke kelenjar getah bening

Usai menjalani operasi pengangkatan rahim, hasil biopsi justru menemukan bahwa kanker di tubuh Ria telah menyebar ke kelenjar getah bening bagian panggul. Selama masa itu, ia pun rutin menjalani kemoterapi dan sempat dinyatakan sembuh oleh dokter.

Kanker menyebar ke otak

Sempat kembali ke dunia hiburan lewat beberapa judul film, nyatanya kondisi Ria Irawan tak benar-benar membaik. Pada pertengahan 2019, ia kembali dirawat lantaran kankernya sudah menjalar ke organ paru-paru hingga otak. Tepatnya tanggal 18 November 2019, ia dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat RSCM akibat kondisi kesehatan yang makin memburuk.

Meninggal dunia awal Januari 2020

Ria Irawan akhirnya dinyatakan meninggal dunia, sekitar pukul 04.00 WIB, pada Senin (6/1/2020). Kabar itu disampaikan oleh sang suami, Mayky Wongkar kepada rekan-rekan media. Menurutnya, kondisi sang istri memang sudah kritis hingga saat-saat terakhirnya.

Mari kita mendoakan yang terbaik bagi almarhumah dan keluarga yang ditinggalkan. Semoga saja semua kebaikan hati Ria selalu dikenang oleh banyak orang. Selamat jalan Ria Irawan.

Selanjutnya: Masih jarang diketahui banyak perempuan, PCOS juga bisa memicu beberapa dampak negatif bagi tubuh. Simak ulasan lengkapnya.

Loading Facebook Comment ...