3 Kesalahan Perawatan Kulit Kering

3 Kesalahan Perawatan Kulit Kering
iStock
3 Kesalahan Perawatan Kulit Kering

Duh, jangan buat masalah menjadi semakin bermasalah ya…

Apa tipe kulitmu? Berminyak atau kering? Mungkin kamu merupakan salah satu dari sekian banyak perempuan di dunia yang memiliki jenis kulit kering. Tidak seperti kulit yang mudah berminyak, perempuan dengan kulit kering umumnya menyepelekan dalam melakukan perawatan kecantikan. 

‘Ah, minum air putih saja yang banyak’ atau ‘Ah, cukup pakai pelembab saja’. Namun banyak perempuan yang tidak mengenal masalah sebenarnya. Lalu apa kulit benar-benar tipenya kering? Atau hanya dehidrasi? Hayo, jangan sampai salah ya. 

Ahli mengungkap ada tiga kesalahan perawatan kulit kering yang sering dilakukan perempuan. Apa ya?

  • KERING VS DEHIDRASI

Yang perlu diingat ya, kulit kering dan dehidrasi itu berbeda. Perempuan memang cenderung sulit membedakannya. Mereka merasa kulitnya terlalu kering padahal sebenarnya mengalami dehidrasi. 

“Kebanyakan perempuan berpikir kalau kulit kering itu berarti kulit dehidrasi. Padahal kulit kering sangat jarang ditemukan,” papar Joanna Czech, ahli kecantikan.

Apa perbedaannya?

Bedanya bisa kamu lihat dari fisik, kalau kering itu mempunyai pori-pori kecil dan lebih kaku. Sementara dehidrasi cenderung kurang cerah serta mengelupas. 

Untuk mencegah kulit kering, kamu bisa memakai pelembab. Pelembab berfungsi sebagai penyimpanan air setelah mandi atau membersihkan wajah. Fokus pada perawatan di sekitar mata dan bibir yang lebih mudah kering sehingga tak menimbulkan kerut halus. Pelembab lebih diutamakan yang banyak mengandung minyak almond dan shea butter.

  • PRODUK YANG TIDAK TEPAT

Kesalahn perawatan lainnya yang sering dilakukan perempuan adalah memilih produk kurang tepat. Wei Lang, seorang ahli kecantikan selebriti dan pemilik Wei Lang Spa di New York. Perempuan dengan kulit kering sebaiknya tidak menggunakan produk terlalu berat dan mengandung kadar gula tinggi.

Wei lebih menyarankan untuk menggunakan produk dengan kandungan ekstrak kedelai karena bagus buat obat anti peradangan yang mencegah kulit kemerahan atau iritasi. produk yang kaya akan hyaluronic acid (zat yang berfungsi untuk mengikat air) dan niacinamide, yang meningkatkan hidrasi serta mengurangi kulit gatal dan kaku.

  • TERLALU SERING SCRUB

Kesalahan lain yang sering dilakukan perempuan dalam merawat kulit kering mereka adalah scrub berlebihan. Memang sih scrub mampu mengangkat sel-sel kulit mati namun tidak disarankannya memakai setiap hari.

“Jangan terus-menerus menggunakan scrub demi mendapatkan kulit yang cantik secara instan. Hal itu dapat menimbulkan peradangan kulit. Membersihkan kulit dengan kasar tidak dapat menghasilkan apa-apa,” jelas Jessica Wu, M.D, seorang asisten klinik, ahli penyakit kulit di Universitas Southern California Medical School di Los Angeles.

Selanjutnya: berapa ya kira-kira bayaran selebriti untuk menjadi penonton di fashion show?