4 Alasan Pentingnya Tampil Menarik di Kantor

4 Alasan Pentingnya Tampil Menarik di Kantor
SHUTTERSTOCK

Meskipun kamu bekerja dibidang kreatif yang tidak membutuhkan penampilan yang rapi tapi tidak ada salahnya untuk mencoba tampil menarik 

Jika dulu hanya orang yang bekerja di industri fashion saja yang bebas dalam berbusana, sekarang semuanya sudah berubah. Tidak ada lagi dasi, jas, dan sepatu fantofel di kantor—meski tidak semua kantor.

Meski terlihat ‘kurang’ rapi, namun busana santai ini bisa membuatmu bersinar di tempat kerja. Tapi tetap saja, kamu tidak boleh sembarang dalam memilih busana. Intinya harus rapi dan menarik. Karena ada beberapa riset yang menunjukkan bahwa mereka yang tampil rapi dan memperhatikan penampilan di tempat kerja cenderung lebih cepat mendapatkan kenaikan gaji dan promosi.

Mungkin ini yang disebut sebagai konsep ‘dress for success’ harus diperhatikan olehmu. Berikut ada empat alasan mengapa kamu perlu tampil rapi di kantor:

1. Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri

img

Ketika kamu merasa menarik di depan banyak orang, kamu akan merasa lebih yakin pada diri sendiri dan bisa lebih cepat mengambil keputusan. Selain itu, respon positif yang kamu dapatkan dari kolega akan menjadi stimulasi untuk meningkatkan kepercayaan dirimu. Khususnya, saat kamu akan melakukan presentasi atau meeting, coba kenakan busana terbaik yang biasa membuatmu merasa paling menarik untuk suntikan rasa percaya diri.

2. Menunjukkan Bahwa Kamu Yakin Pada Diri Sendiri

img

Menyisihkan waktu untuk tampil rapi dan memilih pakaian yang menarik setiap harinya bisa memproyeksikan persepsi bahwa kamu adalah orang yang peduli padadetail dan memegang kontrol penuh pada setiap aspek dalam hidupmu. Orang-orang di sekitar kamu pun akan menangkap kesan bahwa kamu tahu betul apa yang akan kamu lakukan sehingga mereka akan lebih mudah menaruh kepercayaan pada dirimu, 

3. Kesan Pertama itu Penting

img

Kata banyak orang, “don’t judge a book by its cover”. Namun sayangnya, seringkali apa yang kamu tampilkan adalah apa yang ditangkap oleh lawan bicaramu. Terlebih lagi, apa yang kamu tunjukkan tidak hanya merupakan representasi diri tapi juga posisi dan perusahaanmu.

Sekali pun tempat kerjamu menerapkan dress code kasual atau tanpa dress code, selalu ingat untuk tampil rapi setiap hari. Karena kamu tidak akan pernah tahu jika tiba-tiba ditugaskan untuk bertemu klien penting atau petinggi perusahaan. Jadi kamu bisa menyimpan blazer atau jas di meja kerjamu untuk dikenakan jika ada meeting mendadak.

4. Penampilan adalah salah satu Personal Branding

img

Di zaman ini, semua yang kamu lihat dan tunjukkan adalah hasil presentasi --yang dikurasi dengan hati-hati-- dari citra diri, terutama di media sosial. Mengapa tidak memanfaatkan momentum ini untuk memperbaiki citra diri? Pakailah busana yang bisa memengaruhi persepsi terhadap citra dirimu. Jika kamu ingin dianggap sebagai seorang profesional yang handal, berpakaianlah sesuai dengan image yang ingin kamu tampilkan. 

Selanjutnya: K-Beauty memang tidak pernah ada matinya. Selalu bisa mendapatkan pasarnya. Seperti lima produkKorean beauty berikut ini yang katanya bisa meniruskan pipi secara instan.