Banner

4 Perawatan Tradisional Indonesia yang Perlu Kamu Coba

4 Perawatan Tradisional Indonesia yang Perlu Kamu Coba
ISTOCK

Dari totok aura sampai terapi rempah, Woop merekomendasikan 4 perawatan kecantikan tradisional yang bisa kamu coba di rumah ataupun salon.

Jauh sebelum ada trend-trend kecantikan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, banyak perempuan Indonesia sudah memiliki ‘kebiasaan’ untuk merawat kecantikan wajah dan tubuhnya. Salah satunya adalah pijat. Dengan melakukan perawatan tradisional seperti pijat, kita bisa mendapatkan banyak manfaat, misalnya seperti meningkatkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran, dan membuat tubuh terasa segar. Namun tidak hanya pijat saja yang bisa dilakukan, ternyata Indonesia menyimpan banyak pilihan ritual kecantikan tradisional lainnya yang mampu membuat tubuh terasa segar dan sehat. Berikut diantaranya:

Lulur

img

Berasal dari ritual tradisi putri Jawa kuno, lulur wajib dilakukan sebelum pernikahan. Telah ada dari abad ke-17, secara sejarah ritual lulur ini dilakukan setiap hari selama 40 hari menjelang upacara pernikahan dan dipercaya akan melembutkan, mempermanis dan mencerahkan kulit. Namun sekarang ini, ritual lulur telah berkembang di berbagai klinik dan salon (yang biasanya menawarkan jasa spa tradisional) dengan berbagai macam pilihan body scrub.

Totok Aura

img

Pernah mendengar atau melakukan totok aura? Yep, totok aura adalah jenis khusus dari totok wajah, biasanya dilakukan sebagai ritual akupresur untuk face lifting secara natural. Ritual totok aura ini menggabungkan terapi akupresur dan chi/bio energi alami yang dihasilkan tubuh, yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan kulit wajah, dan melembutkan kulit. Selain itu, jika perawatan totok aura dilakukan secara rutin ternyata juga dapat meringankan migrain, stres dan penyakit lainnya.

Ratus (V-Spa)

img

Ratus adalah pengobatan tradisional yang dirancang untuk menjaga daerah intim wanita yang sudah menikah agar tetap segar, sehat dan berbau harum. Campuran rempah-rempah fragrant termasuk kayu rapat, yang diyakini memiliki khasiat untuk merapatkan daerah intim. Selain meninggalkan wangi yang menenangkan, perawatan ini dipercaya memiliki fungsi anti-bakteri dan jamur, juga membantu meringankan gatal-gatal yang disebabkan oleh infeksi. Tapi belakangan ini ratus dianggap perawatan yang membahayakan organ intim. Benarkah?

Boreh

img

Berasal dari Bali, perawatan boreh dulunya dilakukan oleh para petani. Dengan tubuh dibungkus dengan ramuan herbal yang terbuat dari rempah-rempah, akar dan tumbuhan khusus yang bermanfaat untuk meredakan nyeri tubuh akibat Lelah bekerja. Pertama-tama, badan dipijat untuk merilekskan otot-otot yang kaku, kemudian dibungkus dalam campuran rempah-rempah kunyit, cengkeh, kayu cendana, kayu manis dan bahan-bahan lainnya. Perawatan boreh dipercaya bisa mencegah pilek, meredakan sakit, menghilangkan stres, dan meringankan sakit kepala. Berani mencoba?

Selanjutnya: bukan hanya wajah saja yang harus dirawat, tangan juga harus. Ikuti 5 tips dan trick cara merawat tangan agar terlihat muda.