7 Bahan Sepatu Wajib Kamu Tau dan Rahasia Cara Merawatnya

7 Bahan Sepatu Wajib Kamu Tau dan Rahasia Cara Merawatnya
Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya

Bingung dengan cara merawat sepatu sesuai dengan jenis bahannya? Berikut Woop berikan cara-caranya!

Untuk mempunyai penampilan yang sempurna enggak lengkap rasanya tanpa memakai sepatu yang oke. Dan enggak heran jika kamu punya koleksi sepatu dengan jumlah banyak yang tersimpan rapi di rak sepatu kamu. Sepatu yang dikenakan tentu saja harus sesuai dengan style baju atau sesuai dengan acara yang akan kamu hadiri.

Enggak heran juga sepatu mudah kotor karena debu yang menempel karena sering dipakai. Kalau enggak dibersihkan, sepatu kamu akan terlihat usang atau mungkin lebih mudah rusak. Jadi, kamu harus merawat koleksi sepatu kamu agar awet dan tahan lama. Tapi jangan sembarangan Woop Ladies, membersihkan sepatu harus sesuai dengan bahannya, jangan asal-asalan membersihan sepatu, nanti bahan aslinya malah jadi cepat rusak.

Nah, kali ini Woop memberikan referensi mengenai cara merawat sepatu dengan jenis bahan yang berbeda-beda. Yuk, keep on scrolling!

Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya

1. Sepatu Bahan Kanvas

Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Kanvas
Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Kanvas

Kanvas termasuk bahan yang mudah banget kotor, sehingga kamu harus sering membersihkannya agar sepatu kamu enggak jadi sarang bertumbuhnya bakteri. Kamu bisa kok membersihkan kotoran pada sepatu kanvas dalam keadaan basah.

Caranya: Cuci sepatu kanvas kamu secara manual, jangan menggunakan mesin cucui karena bisa merusak bahannya. Gunakan sikat gigi berbulu halus atau lap bersih untuk menggosok kotoran yang menempel disepatu. Bila sepatu kanvas kamu bertali, lepas dahulu talinya dan cuci secara terpisah. Langkah terakhir, keringkan dengan di angin-anginkan saja ya. Karena kalau di jemur di bawah sinar matahari atau hair dryer akan memudarkan warna dan merusak bahan sepatu kanvas.

2. Sepatu Bahan Kulit

Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Kulit
Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Kulit

Sepatu yang berbahan kulit biasanya harganya lebih mahal, maka dari itu kamu harus benar-benar merawatnya. Membersihkannya cukup gunakan kain lembap lalu gosok secara perlahan, jika warna sudah mulai pudar, gunakan semir untuk mengembalikan warnanya. Sikat dengan satu arah agar alur alaminya terjaga.

Caranya: Gunakan sikat khusus untuk menggosok sepatu, lalu untuk bagian-bagian kecil yang sulit dijangkau bisa digunakan sikat gigi yang lembut. Biarkan semir mengering selama 15 menit. Biar sepatu terlihat semakin mengkilat, beri sentuhan akhir dengan cara menggosoknya dengan kain flanel bersih.

3. Sepatu Bahan Denim

Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Denim
Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Denim

Biasanya bahan denim ini biasa dijadikan bahan untuk sneakers, maka dari itu cara membersihkannya pun hampir sama seperti saat kamu merawat sepatu kanvas. Jika dibagian sepatu kamu menemukan bau yang enggak enak, kamu bisa menambahkan sedikit baking soda ke dalam deterjen untuk menghilangkan baunya.

Caranya: Kamu hanya memerlukan sikat berbulu halus atau bisa juga sikat gigi, ember, detergen dan air hangat untuk membersihkannya. Sikat bagian sepatu kamu dengan lembut agar bahannya enggak rusak. Biarkan kering diangin-angin saja, sama seperti mengeringkan sepatu kanvas.

Baca juga: Musim Hujan, Ini 7 Cara Mengeringkan Sepatu dalam Semalam

4. Sepatu Bahan Patent

Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Patent
Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Patent

Walaupun dilihat sama sepeti berbahan kulit, sepatu ini diberi lapisan khusus untuk memberikan kesan yang mengkilat. Membersihkannya pun tentu enggak bisa sembarangan lho, salah memilih bahan atau alatnya, kilau alami dari sepatu ini bisa hilang.

Caranya: Sebaiknya gunakan petroleum jelly, dan diaplikasikan sendiri bisa menggunakan cotton bud atau lap bersih. Setelah kotoran hilang, kamu bisa menambahkan efek mengkilat pada sepatu dengan menyemprotkan cairan pembersih kaca. Lalu, tunggu hingga kering.

5. Sepatu Bahan Suede

Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Suede
Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Suede

Sepatu berbahan suede memang mempunyai tekstur yang halus dan lembut. Saat membersihkannya kamu harus menggunakan sikat khusus, dan hindari membersihkan sepatu dengan air, karena bahan ini sangat sensitif dengan kondisi basah.

Caranya: Sikatlah dengan satu arah dan secara berulang, apabila noda masih membandel gunakan penghapus pensil dari bahan karet atau kamu juga bisa membeli penghapus noda khusus untuk bahan suede. Ingat, jika timbul noda apapun sebaiknya bersihkan saat sepatu dalam keadaan kering.

6. Sepatu Bahan Nubuck

Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Nubuck
Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Bahan Nubuck

Sepatu ini memang sekilas terlihat seperti bahan suede, namun keduanya memiliki tekstur yang berbeda. Nubuck ini teksturnya lebih halus dibandingkan dengan suede. Permukaannya juga lebih solid dan membuatnya berbeda dengan sepatu yang mengkilat karena menggunakan bahan kulit jenis Full Grain atau Brush Off.

Caranya: Sama dengan sepatu berbahan suede, sikat dan penghapusnya pun sama, jadi kamu enggak perlu membeli dua sikat dan penghapus berbeda jika memiliki sepatu nubuck dan suede.  

7. Sepatu Wedges Dengan Tali

Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Wedges Dengan Tali
Jenis Bahan Sepatu dan Cara Merawatnya - Sepatu Wedges Dengan Tali

Jenis sepatu hak tinggi ini memang banyak digemari para wanita. Biasanya yang menggunakan sepatu wedges ini hanya untuk ke acara tertentu saja, makanya sepatu ini enggak terurus, kumel, kotor dan malah enggak layak di pakai.

Caranya: Pembersihannya kamu bisa gunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran di hak dan gunakan pembersih karpet, pastikan kamu menyikatnya kearah yang sama untuk mencegah kerusakan bahan.

Berikut beberapa jenis bahan sepatu dan cara merawatnya yang sudah dirangkum oleh Woop. Memang ribet untuk merawatnya, tapi demi sepatu kesayangan tentu hal-hal tersebut harus dilakukan. Jadi, jangan malas untuk membersihkan ya Woop Ladies!

Selanjutnya: Memasuki musim hujan ini, kamu perlu mengetahui cara mengeringkan sepatu yang basah hanya dalam semalam!