Ide Ini Akan Mempercantik Setiap Sudut Rumahmu

Ide Ini Akan Mempercantik Setiap Sudut Rumahmu
ISTOCK

Lakukan akhir pekan ini.

Bosan dengan dekorasi rumah yang tidak berubah sejak pertama kali berdiri? Tahap pertama: kumpulkan niat untuk mendekorasi ulang. Kedua: bacalah tips ini, karena akan memperindah rumahmu tanpa harus mengeluarkan banyak receh. Ketiga: lihat kalender, diskusikan dengan orang rumah, dan tetapkan hari untuk mengeksekusinya. Keempat: cobalah menepati jadwal tersebut—jangan ditunda-tunda jika memang bukan karena alasan gawat darurat. Oke, siap, ya? Berikut beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan di setiap sudut ruangan di rumahmu. 

KAMAR TIDUR

Kamar tidur seharusnya menjadi surgamu di Bumi. Nyaman itu harus karena merupakan lokasi paling tepat untuk bermalas-malasan, hanya terbaring seharian sambil menikmati film atau buku favoritmu. Cara yang paling mudah mengubahnya: ganti seprei, selimut, dan tambahkan bantal-bantal kecil (jangan terlalu banyak, dua atau tiga sudah cukup). Satu metode yang lebih membutuhkan energi: cat ulang kamarmu (abu-abu dan teal tone sedang tren). Cara lain untuk mempersonalisasikan kamarmu: pasang wallpaper.

RUANG MAKAN

Tidak sedikit orang yang menganggap ruang makan adalah bagian terpenting di rumah. Apalagi mereka yang sering mengundang tamu untuk makan bersama atau sedang mengobrol dan mencicipi resep terbaru sang tuan rumah. Jadi, dengan kata lain, ruangan ini harus istimewa. Jika kamu bosan dengan dekorasinya, tapi belum memiliki uang lebih untuk mendekorasi, sementara akan ada acara minggu depan di ruang makan kebanggaanmu itu, cara tercepat untuk membuatnya berbeda adalah dengan mengganti pencahayaan, alias lampu. Pilihannya tidak terbatas, mulai dari lampu gantung berdesain vintage sampai yang modern untuk diposisikan persis di atas meja makan. 

KAMAR MANDI

Seringkali kita melupakan kamar mandi, padahal ini adalah suasana hati dan bagus/tidaknya hari kita tergantung kenyamanan tempat ini. Bayangkan, jika defekasi menolak berproses karena aroma tidak semerbak, atau ubin yang sudah retak. Tidak susah lho, mengubah kamar mandi menjadi lebih menarik. Misalnya, dengan menambahkan beberapa handuk kecil (handuk tangan) yang cantik, atau memasang cermin dekoratif. Hal ini lebih efektif dan mudah dibandingkan harus mewarnai kamar mandi dengan wallpaper atau tirai.

DAPUR

Di sinilah kita berkreasi (masih ingat resep baru yang dicoba dan gosong itu?). Jadi, sangat logis jika dibutuhkan atmosfer dan tatanan yang menyenangkan agar semua ide brilian berterbangan dengan bebas. Untuk menyulap dapur menjadi agak berbeda, coba tambahkan karpet permadani dan tanaman-tanaman berpot di sudut dapur, atau dekat jendela. Ini akan membuat ruangan lebih cerah.

FOYER