Ini 3 Tipe Olahraga Terbaik untuk Kesehatan, Menurut Harvard

Ini 3 Tipe Olahraga Terbaik untuk Kesehatan, Menurut Harvard
ISTOCK

Apakah lari termasuk di dalamnya?

Kita memiliki agenda masing-masing saat berolahraga. Si A ingin membakar lemak, atau si B mau mengurangi stres, atau si C berharap bisa membersihkan pikiran saat keringat bercucuran, atau menjadi bahan posting si D di Instagram pribadinya—atau agendanya adalah semua hal tersebut.

Namun seperti yang dilaporkan oleh Business Insider tidak semua rutinitas fitnes menghasilkan hal yang sama. Sebuah laporan kesehatan terbaru dari Harvard Medical School yang berjudul "Starting to Exercise" memaparkan olahraga paling efektif yang tidak hanya membantu menurunkan beberapa gram berat badan, tapi juga memperkuat otak, tulang, dan jantung. 

"Penelitian memperlihatkan bahwa dengan hanya melakukan olahraga ini selama 30 menit dengan intensitas moderat dalam satu hari bisa meningkatkan kesehatan dan memperpanjang hidup," kata laporan tersebut. I-Min Lee, seorang profesor di Harvard dan penulis studi tersebut, menyatakan bahwa aktivitas-aktivitas seperti lari jarak jauh bisa berdampak negatif terhadap sistem pencernaan dan sendi. Selain menjelaskan cara-cara terbaik untuk menghindari cedera dan teknik pernafasan yang tepat, penelitian ini juga membeberkan beberapa jenis olahraga yang paling bermanfaat untuk kesehatan. Hasilnya, cukup mengejutkan. 

JALAN 

Seperti yang dilaporkan oleh Business Insider, beberapa penelitian menemukan bahwa melakukan aktivitas murah-meriah ini selama minimal 30 menit dengan kecepatan jalan santai bisa meningkatkan memori dan mengurangi depresi. Untuk mereka yang jarang berolahraga, Harvard menyarankan untuk memulai kebiasaan ini dengan 10 sampai 15 menit pada tahap awal dan kemudian meningkatkannya menjadi 30 sampai 60 menit. 

TAI CHI

Seni bela diri dan meditasi asal Tiongkok ini menekankan pada fokus dan sistem pernafasan. Lee menulis bahwa tai chi "sangat bagus untuk para orang tua karena keseimbangan merupakan komponen penting dari fitnes, dan kita cenderung kehilangannya" seiring pertambahan usia. 

BERENANG

Harvard menyebut olahraga ini sebagai "olahraga sempurna," ini karena kita menggerakkan hampir seluruh otot di tubuh saat melakukannya. Berenang memilik banyak manfaat mulai dari melindungi otak dari tanda-tanda penuaan sampai menaikkan denyut nadi, juga kecenderungan untuk mengalami cedera minimal saat berenang karena "karena bebannya tidak terlalu berat," tulis Lee. 

Loading Facebook Comment ...