Jangan Pernah Mendekorasi Ruangan dengan Cermin Sebelum Membaca Ini

Jangan Pernah Mendekorasi Ruangan dengan Cermin Sebelum Membaca Ini
ISTOCK

Super duper penting.

Berikan satu kata untuk "cermin"? Hmm... serbaguna! Uh-uh, bukan hanya untuk berkaca, cermin menjadi elemen dekoratif yang memiliki berbagai kegunaan di rumah. Sebut saja untuk memantulkan cahaya, memperluas ruangan, dan mengubah suatu pandangan. Apalagi cermin juga hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan gaya, sehingga bisa dipilih sesuai dengan wangsit dan dekorasi rumahmu. Oh, oh, meskipun serbaguna, bukan berarti dianjurkan untuk meletakkannya di setiap sudut rumah, karena bisa membuat dekorasi rumahmu terlihat "buruk tak berbelah”. Sebelum melakukan mendekorasi rumahmu dengan cermin, coba baca trik dan tips kilat ini. 

DO’S

  • Gunakan Cermin Besar di Ruangan Kecil

Yep, ini salah satu cara agar ruanganmu terlihat besar. Untuk menciptakan ilusi yang luas, kamu bisa menggantungkan cermin besar di atas meja atau lemari kecil. Selain untuk memperluas ruangan, ini juga akan menciptakan aliran yang lebih baik dari satu ruangan ke ruangan lain.

  • Cermin sebagai Titik Fokus

Idealnya, cermin berada di sudut dan ruang ganti. Namun ternyata, sebuah cermin yang diletakkan di lantai dan bersandar pada dinding (bukan digantung) dengan lampu sorot di belakangnya dapat membuat ruangan terlihat terang. Selain itu bisa mengatur tone untuk seluruh ruangan.

  • Cermin untuk Menambah Dimensi

Bukan hanya cermin besar yang dapat mengubah suatu ruangan, cermin yang ukurannya lebih kecil juga dapat menciptakan sebuah dimensi. Pada vas bunga, misalnya bisa menambah tekstur ke ruangan dan pandangan yang berbeda.

  • Meletakkan Cermin pada Lorong atau Tangga

FYI: Sangat tepat meletakkan cermin berukuran kecil secara horizontal pada tangga atau lorong sempit. Hal ini berfungsi untuk memperluas ruang, yang menciptakan aliran yang lebih baik dari kamar ke kamar.

  • Cermin Ganda di Kamar Mandi

Bagi sebagian orang meletakkan cermin di kamar mandi memang cukup horor. Namun, kamar mandi harus dirancang dengan penuh perhatian agar kemewahan terefleksi di ruangan yang biasanya mendapatkan porsi paling kecil di rumah.

  • Pasang Cermin di Ruang Makan

Katanya: ruang makan adalah tempat yang mencerminkan kekayaan yang dimiliki keluarga. Oleh sebab itu, ruang makan harus merefleksikan nuansa ruang dengan kemewahan tak terbatas, dan hal ini bisa dilakukan dengan memasang cermin dengan benar di sana.

DON’TS

  • Menggantungkan Cermin di Berbagai Tempat

Jangan pernah melakukan hal ini! Karena menggantungkan cermin di berbagai tempat dapat merusak pemandangan dan mengacak-ngacak dekorasi rumahmu.

  • Takut Cermin Kotor